Demi Kebersihan Lingkungan, Mahasiswa PMM UMM Ajak Warga Desa Sumbergondo ‘Gugur Gunung’

  • Whatsapp

Kota Batu, spiritnews.co.id – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Kelompok 34 Gelombang 15 melaksanakan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) di Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, Kota Batu.

Dalam kegiatan PMM para mahasiswa mengajak warga Desa Sumbergondo melaksanakan kegiatan “gugur gunung” atau keja bakti untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Bacaan Lainnya

Salah seorang anggota PMM, Zendita Alvion, mengatakan, kegiatan ‘Gugur Gunung’ ini juga untuk meningkatkan nilai gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya untuk melestarikan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kami mengajak masyarakat Desa Sumbergondo membersihkan lingkungan dan menanam tanaman obat keluarga. Tujuannya, untuk melaksanakan penghijauan agar lingkungan sejuk, segar, sehat dan bersih,” kaya Alvion dalam rilis yang diterima redaksi spiritnews.co.id, Rabu (5/1/2022).

Selain itu, kata Alvion, dalam PMM ini juga para mahasiswa memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kebersihan lingkungan ditengah pandemi Covid-19 ini. Sehingga lingkungan tertata rapi, nyaman, indah dan rindang sesuai dengan harapan program PKK Desa Sumbergondo yaitu HATINYA PKK.

“Program HATINYA PKK ini menjadi salah satu terobosan bagi PKK Desa Sumbergondo untuk menata halaman rumah yang asri, teratur, indah dan nyaman dengan menata halaman serta menanam tanaman untuk mempercantik pelataran rumah,” katanya.

Ketua RT 005/003 Desa Sumbergondo, Indayani, mengatakan, program kerja bakti ini dilaksanakan setiap bulan dengan memotong rumput-rumput dipinggir jalan dan membersihkan area gang di RT 005/003.

“Syukur alhamdulliah guyup rukun warga bisa menjadi salah satu semangat saya untuk mengadakan kegiatan ini,” kata Indayani.

Selain membersihkan rumput-rumput liar, kata Indayani, masyarakat juga dilarang untuk membuang sampah sembarangan. Sehingga, masyarakat terbiasa dengan hidup sehat dan bersih.

“Pemerintah Desa Sumbergondo mengapresiasi kegiatan kerja bakti atau gugur gunung di RT 005/003 ini. Saya berharap kebersihan lingkungan dapat terjaga dengan baik dan tertata rapi,” jelasnya.

Ketua TP PKK Desa Sumbergondo, Sunarti, berharap dengan adanya kegiatan kebersihan di tingkat RT, program HATINYA PKK ini bisa menjadi prioritas untuk meciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan aman nyaman.

“Hijaukan halaman rumah dengan menanam bunga dan tanaman ekonomis, khususnya buah-buahan dan tanaman obat keluarga,” ungkapnya.(rls/red)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait