Rindy Akui Pelayanan Kesehatan dengan Mudah Tanpa Biaya

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Rindy (23) merupakan seorang ibu rumah tangga di Kabupaten Karawang yang telah merasakan langsung manfaat dari program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). RIndy yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS itu merasa bersyukur bahwa dirinya dan keluarga telah terdaftar sebagai peserta, lantaran dirinya bisa mengakses pelayanan kesehatan dengan mudah dan tanpa biaya.

“Tentunya saya dan keluarga sangat bersyukur dengan adanya Program JKN-KIS. Apalagi kami memiliki anak yang masih kecil, kami sering menggunakan kartu JKN-KIS untuk sakit rawat jalan seperti batuk atau pilek yang sering dialami oleh anak-anak. Alhamdulillah semua biaya pengobatan tersebut ditanggung oleh Program JKN-KIS,” kata Rindy.

Bacaan Lainnya

Rindy menceritakan bahwa ia sempat menggunakna kartu kepesertaannya itu untuk mengobati telinganya di fasilitas kesehatan tingkat pertama di tempat ia terdaftar. Setelah mendapatkan pemeriksaan, ternyata ia harus menjalani pemeriksaan di rumah sakit, sehingga ia harus dirujuk ke rumah sakit sesuai dengan kompetensi rumah sakit dan sarana dan prasarana yang memadai.

“Saat itu telinga saya sakit sekali lalu saya periksa ke klinik fasilitas kesehatan tingkat pertama dimana saya terdaftar. Ternyata kondisi telinga saya memerlukan tindakan medis lebih lanjut, oleh karenanya segera dirujuk oleh dokter di klinik tersebut untuk mendapatkan tindakan medis di rumah sakit. Kemudian di sana telinga saya diperiksa dan ternyata ada peradangan di dalam. Alhamdulillah semua pelayanan yang saya dapatkan dari awal tersebut sangat mudah dan lancar,” ungkap Rindy.

Menurut penuturan wanita yang murah senyum ini, kini dirinya tidak perlu khawatir jika anggota keluarganya mengalami sakit. Rindy telah mempercayakan jaminan kesehatan keluarganya dengan Program JKN-KIS. Selain karena nyaman dan pasti, Rindy menyebutkan bahwa yang menyenangkan dari Program JKN-KIS yaitu dirinya tidak perlu mengeluarkan uang lagi setiap kali berobat.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah untuk Program JKN-KIS ini karena manfaatnya sangat nyata dan sangat membantu. Apalagi saya merupakan peserta dari segmen peserta penerima bantuan iuran dimana saya menjadi tanggungan pemerintah dan tidak perlu membayar sendiri. Bagi saya ini merupakan bantuan yang tidak ternilai karena kesehatan sangat mahal harganya. Apalagi bagi seorang ibu rumah tangga seperti saya, ketika anak sakit tinggal gunakan Kartu JKN-KIS,” jelasnya.

Rindy pun berharap agar pemerintah, BPJS Kesehatan, serta seluruh stakeholder yang terkait dengan Program JKN-KIS tidak jenuh dalam mewujudkan keberlangsungan Program JKN-KIS bagi seluruh rakyat Indonesia. Demikian pula dengan peserta JKN-KIS agar selalu rutin membayar iuran JKN-KIS.(ops/ybs/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait