Bentuk Strategi Pemasaran Asuransi Syariah dalam Meningkatkan Minat Masyarakat

  • Whatsapp

MENGETAHUI bentuk strategi pemasaran yang di gunakan oleh Asuransi Syariah dalam rangka meningkatkan minat masyarakat. Asuransi Syairah merupakan sebuah usaha yang saling tolong menolong di antara sejumlah orang atau pihak melalui investasi berbentuk aset. Kemudian memberikan pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad sesuai syariah islam.

Penulis : Tasya Guchni Khoir

Bacaan Lainnya

Mahasiswi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Malang

Pada suatu perusahaan yang bergerak di bidang apapun pasti membutuhkan pemasaran. Maka dari itu perlunya strategi pemasaran pada Asuransi Syariah agar Masyarakat bisa mengetahui lebih dalam mengenai Asuransi Syariah.

Persaingan dalam dunia usaha merupakan hal yang tak terelakkan dalam ekonomi pasar seiring dengan tumbuhnya perekonomian. Persaingan memaksa perusahaan menerapkan konsep pemasaran yang berbeda dengan perusahaan lain untuk terus memajukan perusahaan.

Pemasaran diibaratkan sebagai suatu medan tempur bagi para produsen dan para pedagang, maka perlu sekali ditetapkan strategi bagaimana memenangkan peperangan. Pembangunan tidak luput dari berbagai risiko yang dapat mengganggu hasil pembangunan yang telah dicapai. Sehubungan dengan hal itu, dibutuhkan hadirnya usaha perasuransian yang tangguh.

Asuransi syariah merupakan usaha untuk saling melindungi dan membantu satu sama lain dan dilakukan dengan berinvestasi pada aset (tabarru) yang memberikan pola pengembalian untuk melawan risiko tertentu melalui kontrak (perikatan) yang sesuai dengan syariah. meningkatkan.

Asuransi Syariah menerapkan sistem untuk mendonasikan sebagian atau seluruh donasi yang digunakan untuk menyelesaikan klaim jika terjadi bencana. Dengan kata lain, peran penanggung dalam asuransi syariah terbatas pada pengelolaan dan pengelolaan investasi dari berbagai dana yang diterima.

Seperti yang kita lihat dan kita ketahui bahwa sistem asuransi syariah memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sistem asuransi konvensional seperti halnya dalam asuransi syariah tidak mengenal adanya dana hangus namun di asuransi konvensional mereka mengenal yang namanya dana hangus, semestinya ini merupakan daya tarik bagi yang ingin mengikuti asuransi syariah.

Dan ini menjadi poin bagi asuransi syariah untuk lebih berkembang dan mengungguli asuransi konvensional namun seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan asuransi syariah memang belum sebesar asuransi konvensional hal ini karena didasari beberapa hal seperti halnya masyarakat lebih dulu mengenal asuransi konvensional karena asuransi konvensional lebih dahulu lahir dibandingkan asuransi syariah.

Strategi Pemasaran

Arti kata pamer menurut pandangan syariah adalah segala macam gerakan yang dilakukan dalam latihan bisnis sebagai latihan penciptaan yang bernilai  yang  memungkinkan  setiap  individu  yang  melakukannya  untuk  berkreasi dengan   menggunakan   manfaatnya   tergantung   pada   keaslian,   kewajaran, penerimaan,   dan   kebenaran   sebagai   sesuai   standar   siklus   kesepakatan. Muamalah  Islam  atau  pengaturan kesepakatan  dalam  Islam.

Menampilkan standar dalam Islam harus mengandung kualitas kepercayaan yang mewakili usaha, keuntungan, kepercayaan dan bantuan. Mengingat pernyataan dari KH. Didin  Hafidhuddin,  Islam  yang  diterapkan  (gema  insani  press,  2003)  dalam budaya   kerja   dalam   organisasi   dengan   kehalusan   syariah   Islam   harus mengandung   komponen   amanah   (shiddiq),   mantap   (istiqomah),   cerdik (fathanah), sadar (amanah), dan penyambutan (tabliqh).

Pemasaran merupakan salah satu ilmu ekonomi yang telah lama berkembang, dan sampai pada saat ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar.

Oleh karena itu perusahaan harus melakukan bauran pemasaran yang juga mempunyai pengaruh untuk menentukan berhasil tidaknya dalam memasarkan produknya. Apabila bauran pemasaran yang dilaksanakan perusahaan tersebut mampu memasarkan produknya dengan baik, hal ini akan berpengaruh terhadap tujuan perusahaan.

Dalam bahasa syariat, iklan yang mendalam adalah derajat “pameran langit”, yang mengingat fakta bahwa secara keseluruhan tidak ada yang bertentangan dengan pedoman muamalah (bisnis syariah), itu mengandung sifat-sifat cinta, yang menjadikannya puncak paling tinggi dalam berpromosi atau muamalah.

Seorang Muslim yang baik, dalam pertukaran muamalahnya, untuk situasi ini menunjukkan, terlepas dari apakah sebagai pemimpin organisasi, pemilik, pengiklan, pesaing, atau sebagai klien, harus menggunakan standar kesetaraan, keaslian,   keterusterangan, moral dan kualitas etika sebagai napas dalam setiap jenis pertukaran.

Strategi Pemasaran Produk

Dewasa ini perusahaan-perusahaan jasa asuransi menerapkan strategi baru dalam memasarkan produk-produknya karena banyaknya persaingan yang ketat dalam setiap perusahaan, juga mempunyai tujuan agar dapat tetap bertahan hidup, berkembang dan diminati oleh konsumen.

Dalam memasarkan suatu produk, hal yang sangat penting untuk diketahui adalah mengenai bauran pemasaran (marketing mix). Istilah bauran pemasaran mengacu pada paduan strategi produk, distribusi, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik yang dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling memuaskan dengan pasar yang dituju.

Produk (Product)

Biasanya bauran pemasaran dimulai dengan produk “P”. Inti dari bauran pemasaran, yang merupakan langkah awalnya adalah penawaran produk dan strategi produk. Sangat sulit untuk mendisain suatu strategi distribusi, memutuskan kampanye promosi, atau menentukan harga tanpa mengenali produk yang akan dipasarkan.

Produk tidak hanya meliputi unit fisiknya saja tetapi juga kemasan, garansi, merek, nama baik perusahaan, nilai kepuasan dan masih banyak lagi faktor lainnya. Hal inilah yang dijadikan dasar Perusahaan Asuransi Syariah dalam membuat suatu produk, selain produk yang dihasilkan harus sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pembeli (nasabah) produk tersebut juga mencerminkan kombinasi antara barang dan jasa yang ditawarkan.

Strategi pemasaran Asuransi Syariah adalah dengan memberikan kemudahan dan keuntungan yang dapat diperoleh oleh nasabah dari produk Asuransi tesebut antara lain :

Harga (Price)

Menurut bayangan orang-orang, harga adalah uang yang dibayarkan atas suatu barang atau layanan yang diterima. Memang daftar hargalah yang sering menjadi pusat perhatian saat membeli barang atau layanan. Namun yang dinamakan harga adalah lebih luas dari sekedar daftar harga.

Menurut Kotler harga adalah nilai yang diperuntukkan konsumenuntuk suatu manfaat atas pengkonsumsian, penggunaan, atau kepemilikkan barang atau jasa.

Strategi penentuan harga sangat signifikan dalam memberikan nilai kepada konsumen dan mempengaruhi image produk, serta keputusan konsumen untuk membeli. Penetapan harga juga berhubungan dengan pendapatan dan turut mempengaruhi suplai atau marketing chanels. Akan tetapi yang paling penting dalam penetapan harga adalah harus konsisten dengan strategi pemasaran secara keseluruhan.

Harga adalah apa yang harus diberikan oleh pembeli untuk mendapatkan suatu produk. Harga sering merupakan elemen yang palingf leksibel di antara keempat elemen bauran pemasaran yaitu elemen yang paling cepat berubah. Harga merupakan senjata persaingan yang pentingdan bahkan sangat penting bagi organisasi karena harga dikalikan dengan jumlah unit produk yang terjual sama dengan total penerima perusahaan.

Tempat (Place)

Berbicara masalah tempat berarti pembahasannya tentang dimana  Asuransi Syariah yang bergerak dibidang jasa ini dalam menentukan  dimana tempat  perusahaan harus bermarkas tentunya memperhatikan saluran distribusi pemasaran produknya.

Promosi (Promotion)

Promosi mencerminkan kegiatan-kegiatan yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk konsumen agar mereka mau membelinya. Dalam melakukan promosi Peusahaan Asuransi Syariah sebaiknya menggunakan media periklanan, seperti media masa (Koran),internet, penjualan, brosur-brosur, dan publikasi. Karena promosi sangat berhubungan erat dengan komunikasi.

Loyalitas Nasabah

Keteguhan klien adalah janji untuk bertahan secara mendalam untuk membeli kembali atau memilih kembali produk atau layanan yang dipilih dengan andal di  kemudian  hari,  meskipun  dampak  situasi  dan  upaya  periklanan  dapat menyebabkan perubahan sosial. Dalam lingkungan bisnis, dedikasi digunakan untuk menggambarkan  keteguhan  klien untuk terus memilih bisnis dalam jangka panjang, dengan membeli dan menggunakan tenaga kerja dan produk berulang kali,  dengan  sengaja  meresepkan  produk  dan  layanan  organisasi kepada orang lain.

Kesetiaan klien merupakan penampilan dan kelanjutan dari loyalitas konsumen dalam   memanfaatkan kantor  dan administrasi  yang diberikan oleh organisasi dan untuk tetap menjadi klien organisasi.

Ada beberapa manfaat yang akan diperoleh oleh organisasi dengan asumsi memiliki klien yang setia, khususnya :

  1. Dapat mengurangi biaya pemasaran, karena untuk menarik pelanggan yang baru akan lebih banyak mengeluarkan biaya.
  2. Dapat mengurangi biaya transaksi.
  3. Dapat mengurangi biaya turn over konsumen karena pergantian konsumen yang lebih sedikit.
  4. Dapat meningkatkan penjualan silang, sehingga akan memperbesar pangsa pasar perusahaan.
  5. Mendorong word of mouth yang  lebih  positif  hingga  diasumsikan bahwa pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang merasa puas.
  6. Dapat mengurangi biaya kegagalan seperti biaya pergantian.Loyalitas konsumen adalah kunci dalam membuat klien tidak tergoyahkan. Periklanan tidak  dapat  tinggal  sendirian  dalam  memberikan  insentif  yang  lazim bagi klien. Terlepas dari kenyataan bahwa pengiklan mengambil bagian penting, promosi harus menjadi kaki tangan dalam menarik, mempertahankan danmengembangkan klien.

Strategi Pemasaran Asuransi Syariah

Bauran pemasaran ini jika dikaitkan dengan strategi pemasaran pada industri asuransi syariah terdapat 4 P (Product, Place, Price, Promotion) ditambah dengan nilai-nilai spiritual marketing dimana etika, nilai-nilai, dan norma dijunjung tinggi (Komariah, 2015). Hal-hal inilah yang seringkali dilanggar dalam pemasaran konvensional, sehingga menyebabkan konsumen pada akhirnya banyak yang kecewa pada produk barang atau jasa yang telah dibeli karena berbeda dengan apa yang telah dijanjikan oleh para pemasar.

Strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu . Seorang agen perlu menyiapkan strategi khusus dengan tujuan agar calon nasabah merasa tertarik dan percaya untuk berinvestasi diperusahaan asuransi.

Ada empat elemen yang terdiri dari product, price, promotion, dan place yang diterapkan sebagai strategi bauran pemasaran dari asuransi dalam memasarkan produknya kepada nasabah. Strategi yang digunakan agen dalam meningkatkan jumlah nasabah adalah dengan memperluas pasar, mempertahankan dan meningkatkan pasar yang sudah ada dengan cara menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan, serta mengenalkan perencanaan keuangan dan pengelolaan risiko dalam asuransi syariah.

Agen memiliki peran dalam mengakses informasi, menjaga image asuransi syariah, memberikan solusi dan konsultasi terhadap nasabah yang prospektif. Dengan begitu, pemahamanan masyarakat akan manfaat takaful akan menjadi lebih baik. Strategi pemasaran harus memperhatikan lingkungan eksternal dan internal perusahaan sebelum melakukan pelayanan dalam asuransi, menjalin hubungan dengan nasabah untuk mempertahankan pangsa pasar, serta tetap memperhatikan lingkungan persaingan dan sumber pemasarannya.

Pergantian peristiwa dan perluasan penggunaan administrasi perlindungan  dari  tahun  ke tahun telah menjadi keresahan dikalangan masyarakat umum. Hal ini terlihat  dengan merebaknya persaingan antar organisasi penyelenggara perlindungan. Latihan periklanan sebagai salah satu latihan fungsional organisasi adalah  hal penting  yang digunakan untuk membangun kesepakatan dan mempresentasikan  tenaga  kerja  dan  produk yang akan ditawarkan kepada orang-orang pada umumnya.

Teknik yang dicoba ini sangat membuahkan hasil dengan pembayaran premi atau benefit yang terus meningkat setiap tahunnya.

  1. Ada beberapa teknik yang telah dicoba dalam menjaga komitmen pelanggan, secara eksplisit menyediakan data pelaksanaan organisasi yang secara konsisten dijawab kepada klien dan orang pada umumnya, untuk mengetahui latihan organisasi.
  2. Kemajuan dalam inovasi data digunakan sebagai kemajuan yang dikembangkan lebih lanjut dengan tujuan agar klien tidak perlu pergi ke kantor proteksi untuk melakukan pengecekan, pada dasarnya dengan masuk ke web atau membuka web Prudential, klien bisa mendapatkan data yang mereka butuhkan.
  3. Korespondensi yang terus-menerus oleh para spesialis kepada klien untuk membangun koneksi jangka  panjang  yang  hebat  dan  memperluas  hubungan spesialis.

(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait