Bahas Mutu Pendidikan,  Kepala Dinas Pendidikan Aceh Utara Sebut Masih ada Siswa Belum Bisa Baca Alquran

  • Whatsapp

Kabupaten Aceh Utara, spiritnews.co.id – Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib secara langsung melakukan audiensi dan silaurrahmi dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan para Kepala  SMA, SMK dan SLB Negeri serta swasta, di Aula Kantor Bupati Landeng, Sabtu (23/01/2022).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Utara, Ahmad Yamani, mengatakan, pada tahun 2021 terdapat 113 siswa tidak mampu baca Alquran setelah diuji di masing-masing sekolah. Semoga kedepan para kepala sekolah dapat menekan angka ini dengan mengisi pengajian sekolah dan mengajak wali murid untuk bersama guru membangun karakter anak didik dan kemampuan membaca Alquran.

Bacaan Lainnya

“Kondisi ini sangat miris, kita ketahui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Atara dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh telah menerapkan Syariat Islam. Kedepan, setiap calon siswa  akan diminta rekomendasi dari pimpinan pesantren lulus baca Alquran,” kata Ahmad.

Dikatakan, instansi yang dia pimpin sangat membutuhkan  butuh bimbingan dari Kepala Daerah, MPD dan tokoh Ulama di Bumi Malikussaleh, hal itu semata mata tujuan  memajukan Pendidikan Aceh Utara agar lebih berkualitas, yang masih banyak perlu dilakukan pembenahan.

Mengingat pembenahan dunia pendidikan merupakan tanggung jawab bersama. Dalam hal ini adalah peran kepala Sekolah harus lebih dikedepankan dan terkait dengan teknis ada di masing-masing  kepala SLTA Sederajat.

Sehingga  saat mereka (Siswa – Red) lulus dari jenjang Pendidikan menengah  bisa ditampung untuk memulai yang mandiri baik itu lulusan SLTA/ sederajat maupun SLB. Dan dalam hal ini menurutnya tidak lepas juga dari dukungan orang tua dan pihak pemerintah.

“Untuk itu, semua stakeholder  membangun pendidikan ke arah lebih baik, dan saling mengisi dalam dukungan kemajuan pendidikan,” ajaknya.

Bupati Aceh Utara,  H.Muhammad Thaib, mengatakan, persoalan pendidikan di Aceh Utara  berharap Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Utara dan Kepala SMA agar memastikan bahwa calon siswa  mampu baca Alquran sebagai syarat utama untuk masuk ke SMA/sederajat.

“Agar orang tua wali juga punya tanggung jawab untuk membimbing anaknya  bisa baca Alquran,” kata Bupati.

Ia menekankan perlu ada komitmen dengan orang tua /Wali Murid untuk mengontrol anak saat jam belajar. Jika agreement bersama orang tua bahwa anak anak harus mampu  mengaji baru diterima untuk siswa SLTA di seluruh Aceh Utara.

“Agar lebih perketat kontrol sosial terutama dari pihak Keluarga dan juga lebih peduli terhadap lingkungan di sekolah, jangan beban ini kita serahkan kepada guru semata, komite juga berperan disini. Pendidikan kedepan harus terbangunnya suatu kolaborasi dengan semua pihak   pemangku kepentingan, disini Bupati Aceh Utara juga meluangkan waktu  kapan pun siap berkoordinasi, demi kemajuan pendidikan,” ungkapnya.(mah)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait