Ingin Kelola Tenaga Kerja Kemaritiman di Pelabuhan Patimban, INAMPA Siap Sinergi dengan BUMD Subang

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Dalam rangka mendukung tenaga kerja yang profesional, khususnya Perwira Pemandu yang bertugas memandu kapal untuk ditugaskan di Pelabuhan Patimban, Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) Cirebon silaturahmi dengan Bupati Subang H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat, di Rumah Dinas Bupati Subang, Rabu (9/3/2022).

Pertemuan ini membahas tentang kerjasama yang akan dilakukan INAMPA dengan BUMD Subang. INAMPA adalah adalah Organisasi Resmi Maritime Pilots’ yang dibentuk tahun 2003. Organisasi ini merupakan pemerhati kemaritiman khusus terhadap pekerja yang profesional dan memiliki kompetensi atau keahlian sebagai Perwira Pandu yang sehari – hari bekerja melakukan Pemandu Kapal diseluruh wilayah Perairan Indonesia baik yang bertugas di pelabuhan Umum, Terminal Khusus, Perairan Lepas Pantai (Off Shore).

Bacaan Lainnya

Menyambut jajaran INAMPA, Bupati Kang Jimat mengungkapkan apresiasinya atas kunjungan INAMPA yang berniat untuk bekerjasama dengan BUMD Subang untuk membantu Pemkab Subang dan memberikan literasi kemaritiman di Pelabuhan Patimban.

Kang Jimat menyaratkan agar tenaga kerja yang diserap juga melibatkan masyarakat Subang pada umumnya.

“Saya sampaikan, agar warga Subang tidak jadi penonton, kami tidak mungkin melatih langsung calon nahkoda dan pilot, secara teknis kami serahkan pada INAMPA, saya siap mensupport apabila pihak INAMPA mau bekerja sama dengan BUMD Subang,” kata Kang Jimat.

Presiden INAMPA Pasoroan Herman Harianja, mengatakan, INAMPA sebagai Lembaga profesional membantu Pemerintah Pusat dan Daerah untuk memberikan literasi kemaritiman, serta membuat jaringan bisnis ke berbagai instansi atau korporasi yang ada di dalam maupun di luar negeri.

“Patimban sangat diuntungkan dengan lokasi yang strategis, dengan lokasi di Laut Jawa, dan banyak sekali kegiatan perdagangan yang melewati Selat Malaka. Inilah gunanya INAMPA datang hari ini, Pak Bupati mendapat benefit, Patimban dikelola oleh Citycorp, ini sangat efektif, karena pendekatan bisnis lebih cepat tidak terhambat birokrasi,” kata Herman.

Herman mengakui, INAMPA siap bersinergi dengan BUMD dalam memajukan Kabupaten Subang.

“Mari INAMPA dan BUMD kita fokus mengelola yang ada di laut dan di darat. Bagi kami INAMPA adalah organisasi profesi bukan profit making, akan mempromosikan daerah bapak. Kami siap membantu bapak dan NU,” kata Herman.(sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait