Informasi Kepesertaan JKN-KIS dapat Diketahui Melalui CHIKA

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Munasip (45), seorang kepala keluarga di Kabupaten Karawang memiliki prinsip harus memberikan jaminan kesehatan kepada  keluarganya.Sebelumnya dia telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU).

“Saat saya masih bekerja, perusahaan tempat saya bekerja mendaftarkan saya dan keluarga menjadi peserta JKN-KIS. Saya dan keluarga sudah merasakan langsung manfaatnya jika memiliki jaminan kesehatan. Saya sudah tidak bekerja lagi awalnya saya agak khawatir bagaimana nanti dengan jaminan kesehatan kami. Lalu saya mendengar dari rekan saya bahwa saya dapat mengalihkan segmen kepesertaan saya menjadi peserta mandiri, dan katanya lagi saya dapat mengurusnya di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Karawang ini, makanya saya segera ke sini,” kata Munasip.

Bacaan Lainnya

“Kepesertaan saya sudah dialihkan segmennya dan ternyata prosesnya sangat mudah sekali. Saya juga dijelaskan tadi sama petugas ternyata ada banyak sekali kanal pelayanan yang bisa saya akses secara mandiri, mulai dari WA hingga Aplikasi Mobile JKN, dan masih banyak lagi. Bahkan kalau kartu hilang pun kita tetap dapat mengakses pelayanan di fasilitas kesehatan dengan kartu digital pada aplikasi Mobile JKN. Ternyata banyak sekali inovasi yang disuguhkan oleh BPJS Kesehatan untuk kemudahan peserta JKN-KIS,” tambahnya.

Adapun aplikasi lainnya, yang dapat diakses oleh peserta JKN-KIS untuk kemudahan layanan dan informasi yaitu CHIKA pada nomor 0811-8750-400, yang merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon Artificial Inteligence (AI).

CHIKA dapat memberikan informasi seperti cek status peserta, cek tagihan BPJS Kesehatan, skrining kesehatan, tutorial Mobile JKN, cari lokasi dan sebagainya.

Kemudian VIKA yang merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan melalui BPJS Kesehatan Care Center 165 Selanjutnya ada BPJS Satu yaitu petugas yang dapat dihubungi langsung oleh peserta JKN-KIS di masing-masing kantor cabang.

Munasip pun berharap agar masyarakat serta peserta JKN-KIS dapat memanfaatkan seluruh kemudahan yang diberikan tersebut. Dengan demikian Program JKN-KIS dapat berjalan dengan baik dapat terus meningkatkan pelayanannya.(ops/ybs/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait