Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Setelah sempat diragukan berbagai pihak, dan dengan perjuangan selama 3,5 tahun, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Tarum Karawang menorehkan prestasi tingkat nasional.
Dengan perjuangan yang tiada henti, PERUMDAM Tirta Tarum Karawang dapat mempertahankan 3 BUMD Awards 2022 sekaligus. Pada tahun sebelumnya, PERUMDAM Tirta Tarum Karawang juga dapat mengoleksi 8 penghargaan dalam berbagai kategori penghargaan.
Di bulan Ramadhan 1443 H ini, PERUMDAM Tirta Tarum Karawang diganjar 3 penghargaan, yaitu : Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana sebagai Top Pembina BUMD 2022, PERUMDAM Tirta Tarum Karawang sebagai Top BUMD Awards 2022 #Bintang 4, dan Dr. Ir. H.M. Sholeh, MM.sebagai Top CEO BUMD 2022 untuk kedua kalinya.
Acara puncak penghargaan Top BUMD Awards 2022 kali ini mengambil tema “Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD yang Berkelanjutan”. Dalam perhelatan ini dijaring 182 BUMD terbaik dari 1.149 BUMD seluruh Indonesia. Secara virtual, Menteri Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga S Uno, mengatakan, terobosan BUMD Awards ini akan memacu kinerja dan kompetisi BUMD seluruh Indonesia sebagai andalan bisnis di daerah. Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Hotel Raffles Jakarta yang akan dihadiri oleh oleh beberapa pejabat Negara baik dari Kemendagri, Kemenparekraf maupun dari Lemhannas RI.
Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas prestasi yang diraih oleh PERUMDAM Tirta Tarum Karawang sebagai salah satu BUMD paling sehat di wilayah Kabupaten Karawang. Sebab,tak mudah mempertahan prestasi di tengah pandemi Covid-19, apalagi bersamaan dengan masa refocussing anggaran yang pasti akan berpengaruh terhadap BUMD juga.
Dengan capaian ini pula, PERUMDAM Tirta Tarum Karawang telah membuktikan bahwa pencapaian kinerja, upaya perbaikan dan kontribusi BUMD terhadap pemerintah daerah dinilai sangat baik, yaitu :
- Memiliki kinerja yang baik, kepemimpinan baik.
- Telah melakukan inovasi yang didukung oleh teknologi informasi.
- Memiliki peran yang penting dalam pembangunan ekonomi di daerah.
Itulah kriteria yang telah dicapai PERUMDAM Tirta Tarum Karawang dalam gelaran TOP BUMD Awards 2022. Harus diakui, selama 3.5 tahun terakhir PDAM yang sekarang telah bertransformasi menjadi PERUMDAM Tirta Tarum Karawang tak kenal lelah untuk berinovasi untuk meningkatkan kinerja dan layanannya. Beberapa inovasi dalam bidang digital berupa SiPAKAR (Sistem Pelayanan Air Karawang) telah membuat perubahan yang signifikan.
Demikian juga dengan beberapa program promo, amnesti denda, pelanggan teladan, optimalisasi produksi, hingga hadiah kejutan telah mengantarkan PERUMDAM Tirta Tarum tembus 100.000 pelanggan yang merupakan kategori BUMD Air Minum kelas tertinggi di tanah air.
Dr. Ir. H.M. Sholeh MM, selaku nakhoda PERUMDAM Tirta Tarum sejak 2018 mengaku bersyukur, akan tetapi belum puas atas capaian ini karena selalu ingin memberikan layanan yang terbaik untuk seluruh pelanggan dan stakeholdernya.
Dengan menyandang Perumdam kelas besar, kata Sholeh, maka permasalahan dan tantangan yang dihadapi semakin kompleks juga, diantaranya tahun 2022 ini telah dicanangkan sebagai tahun perbaikan kualitas baik kualitas produksi maupun pelayanannya, hal itu pula yang akan menjadi tema Hari Ulang Tahun PERUMDAM Tirta Tarum ke-35 bulan depan.
“Mohon doanya agar sinergi antara PERUMDAM Tirta Tarum Karawang dengan eksekutif maupun legislatif dapat senantiasa dapat ditingkatkan agar dapat memberikan layanan yang excellent kepada masyarakat Karawang,” kata Sholeh.
Diakuinya, tantangan baru setelah menjadi PERUMDAM tentunya harus segera berbenah dengan status baru, SOTK & SOP baru maupun Business Plan baru, Reklasifikasi pelanggan maupun ketentuan lain yang merupakan konsekwensi perubahan status akan segera disosialisasikan.
“Demikian juga kerjasama dengan berbagai pihak baik Kementerian PUPR, USAID-SECO maupun pihak lain masih tetap dilakukan dalam rangka akselerasi peningkatan layanan di PERUMDAM Tirta Tarum,” katanya.
“Semoga dengan penghargaan ini akan semakin memacu peningkatan kinerja dan layanannya dalam berbagai sektor. Memang prestasi ini belumlah sempurna, masih banyak keterbatasan dan kekurangan selama ini, namun tekad seluruh manajemen untuk meningkatkan kinerja dan layanan sesuai Motto-nya yaitu BEST (Berikan Service Terbaik !),” ungkapnya.(ops/sir)