Wakil Bupati Aceh Utara Terima 302 Mahasiswa Unimal KKN-PPM ke Pirak Timu dan Paya Bakong

  • Whatsapp

Kabupaten Aceh Utara, spiritnews.co.id – Wakil Bupati Kabupaten Aceh Utara, Fauzi Yusuf menerima sebanyak 302  mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan kepada  Masyarakat (KKN-PPM) Tematik, di halaman Kantor Bupati Aceh Utara Landing Lhoksukon, Rabu (15/6/2022).

Ke-302 mahasiswa akan diterjunkan untuk mengabdi bersama masyarakat di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Utara. Dua kecamatan itu adalah Kecamatan Paya Bakong dan Kecamatan Pirak Timu.

Bacaan Lainnya

Fauzi Yusuf mengatakan, mahasiswa mesti bisa membantu masalah-masalah sederhana yang dihadapi masyarakat,  yang mungkin tidak menjadi program kerja mereka. Sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing, sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan berhasil guna.

“Dengan KKN-PPM, adik-adik mempunyai kesempatan untuk melakukan pembelajaran dan pemberdayaan kepada masyarakat melalui program yang telah disiapkan sesuai dengan dinamika, karakteristik dan perkembangan masyarakat setempat, dan juga menggali potensi yang ada untuk dapat dikembangkan demi kesejahteraan masyarakat,” kata Fauzi.

Ia mengaku senang bisa menerima mahasiswa Unimal untuk KKN-PPM, para mahasiswa dapat membantu tugas – tugas Pemerintahan. Harapannya, selama KKN-PPM ini tidak tercemar dengan kegiatan-kegiatan lain diluar nuansa pengabdian, pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat, apalagi mengarah kepada kegiatan politik serta menyimpang dari Syari’at Islam.

“Agar adik-adik dapat menjaga nama baik Universitas Malikussaleh dan nama baik keluarga masing-masing. Kedepankan nilai-nilai religius sesuai norma-norma yang berlaku di tengah masyarakat,” tegas Fauzi Yusuf.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Baidhawi,SP.MP., mengatakan, prinsip dasar KKN adalah mengutamakan masyarakat yang terabaikan. Diharapkan, dapat membantu memberikan solusi terhadap masalah yang ada di masyarakat, saling belajar, dan juga saling menghargai.

Dalam penerjunannya ke dua kecamatan, sebanyak 302 mahasiswa KKN-PPM semester genap tahun akademik 2021/2022. Mereka berasal dari berbagai bidang, mulai dari Fakultas Kedokteran 4 orang, Fakultas Teknik ada 121 orang, FKIP 167 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 5 orang,  Fakultas Hukum 1 orang, FISIP 3 orang, dan Pertanian 1 orang di Universitas Malikussaleh.

“Mahasiswa KKN-PPM di Kabupaten Aceh yang mengambil kebijakan, untuk melaksanakan KKN kembali ke kampung halaman. Para mahasiswa ditempatkan di 30 gampong (desa), di kecamatan Pirak Timu dan Paya Bakong,” kata Baidhawi.

Dikatakan, KKN-PPM tahun 202/2022 mengudung tema “Meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat serta budaya hidup bersih dan sehat tanpa Stunting. Ada juga lima skema KKN lainnya yaitu KKN reguler, KKN Kolaborasi, KKN Tematik, KKN Kebangsaan dan KKN Kerjasama.

“Program KKN-PPM juga dilatar belakangi oleh masalah stunting nasional. Melalui program ini, dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai stunting dan mampu menerapkan praktik pencegahan stunting dalam kehidupan sehari – hari,” ungkapnya.(mah)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait