Jemput Bola Layanan JKN-KIS, BPJS Kesehatan Tingkatkan Pelayanan

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Karawang terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Karawang dan Purwakarta dengan melakukan strategi jemput bola untuk pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui layanan Mobile Customer Service (MCS).

“MCS merupakan layanan yang hampir setiap hari dilakukan oleh BPJS Kesehatan dengan bergerak langsung mendatangi masyarakat. Kami berkeliling dari satu desa ke desa berbeda setiap minggunya. Kami juga beberapa kali melibatkan petugas desa serta Kader JKN-KIS untuk turut berpartisipasi dalam mengajak masyarakat mengakses fasilitas pelayanan MCS,” kata Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Purwakarta, Ario Trisaksono.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, MCS memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat seputar Program JKN-KIS. Diakui Ario dalam satu hari pelayanan pada MCS bisa mencapai 40-300 peserta dengan keperluan berbeda-beda.

Peserta dapat mengakses layanan informasi pendaftaran, penanganan pengaduan, dan pemberian informasi tentang program-program yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan, termasuk sosialisasi berbagai layanan digital yang kini dapat diakses oleh peserta JKN-KIS.

“Dengan adanya MCS ini dapat memberi kemudahan dan kesempatan bagi masyarakat utamanya bagi yang berlokasi jauh dari Kantor Cabang BPJS Kesehatan Karawang untuk aktif berpartisipasi dan ambil bagian dalam Program JKN-KIS. Tidak sedikit yang enggan mengurus kepesertaan Program JKN-KIS seseorang dengan alasan kantor jauh atau tidak memiliki gadget yang mendukung layanan digital. Dengan dilayani langsung pada MCS ini masyarakat pun menjadi lebih antusias dan tergerak untuk mengurus kepesertaannya dalam Program JKN-KIS,” katanya.

Roni (27), merupakan seorang warga Kabupaten Purwakata, secara langsung telah merasakan manfaat dari hadirnya MCS di desa mereka.

“Tentunya saya sangat senang didatangi langsung oleh MCS BPJS Kesehatan. Bagi saya dan teman-teman MCS sangat membantu karena kami bisa lebih mengetahui informasi-informasi terbaru dari BPJS Kesehatan. Pelayanan di MCS yang kami rasakan sama saja dengan pelayanan di kantor cabang, tidak ada perbedaan sama sekali. Semoga ke depannya BPJS Kesehatan dapat terus memberikan pelayanan yang semakin lebih baik lagi,” ungkap Roni.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait