Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Dalam rangka meningkatkan cakupan kepesertaan JKN, memvalidasi data, dan melaksanakan skriningriwayat kesehatan kepada masyarakat, BPJS Kesehatan Jawa Barat mengadakan kegiatan BPJS Kesehatan Healing atau Pelayanan Keliling.
Salah satunya, di Kecamatan Cikampek, BPJS Kesehatan Healing hadir memberikan pelayanan langsung menggunakan Mobile Customer Service (MCS).
“BPJS Kesehatan Healing akan diadakan di cakupan wilayah kerja Kedeputian Wilayah Jawa Barat, yaitu Kantor Cabang Bandung, Kantor Cabang Soreang, Kantor Cabang Banjar, dan Kantor Cabang Karawang. Melalui BPJS Kesehatan Healing, peserta JKN dapat mengakses pelayanan pendaftaran peserta baru, melakukan perbaikan data peserta, mengunduh Aplikasi Mobile JKN serta mendapat panduan penggunaannya,” ujar Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat BPJS Kesehatan, Fachrurrazi.
Tak hanya itu, peserta JKN juga akan dipandu melakukan skrining riwayat kesehatan, serta mendapat sosialisasi Program JKN terkini. Ia pun berharap, adanya BPJS Kesehatan Healing ini dapat meningkatkan awareness masyarakat terkait kemudahan akses layanan Program JKN.
Pada kesempatan yang sama, Plt Camat Cikampek, Rohmana Setiansyah menuturkan bahwa pihaknya turut mendukung pelaksanaan BPJS Kesehatan Healing.
“Kami tentunya sangat mendukung program ini karena dapat memudahkan masyarakat khususnya warga Kecamatan Cikampek dan sekitarnya untuk melakukan pengurusan kepesertaan Program JKN. Kami sudah bersurat kepada desa-desa yang ada di wilayah Kecamatan Cikampek terkait dengan adanya kegiatan BPJS Kesehatan Healing. Semoga masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya,” katanya.
Adapun salah satu kegiatan dalam BPJS Kesehatan Healing yaitu sosialisasi skrining riwayat kesehatan yang dapat dilakukan oleh peserta JKN pada Aplikasi Mobile JKN. Sebagai bentuk pelayanan promotif preventif bagi peserta JKN, perlu dilakukan upaya preventif lanjutan berupa skrining kesehatan dengan tujuan deteksi dini risiko penyakit untuk memberikan perlindungan dan pencegahan terjadinya penyakit kronis pada peserta JKN agar tidak terjadi keparahan.
Aat (42), salah satu warga yang turut hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasinya dan langsung melakukan skirining riwayat kesehatan.
“Saya sedang mengurus dokumen kependudukan saya di sini dan melihat ada tenda BPJS Kesehatan. Petugasnya sangat ramah dan informatif, kemudian saya diarahkan untuk melakukan skrining riwayat kesehatan pada Aplikasi Mobile JKN. Alhamdulillah hasilnya risiko rendah diabetes, risiko rendah hipertensi, risiko rendah jantung, dan risiko rendah ginjal. Semoga BPJS Kesehatan dapat terus memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat,” tutur Aat.(ybs/ops/sir)