Operasi Tumor Rahim Tanpa Biaya, Rostin Gunakan JKN-KIS

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Pemerintah melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berkomitmen untuk memberikan jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh penduduk Indonesia.

Hal ini juga merupakan amanah dari Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia yaitu setiap orang berhak atas jaminan kesehatan. Adapun Rostin (55) beserta suaminya, Aat (56), merupakan warga negara Indonesia yang telah menjadi peserta JKN dari segmen peserta pekerja bukan penerima upah dan telah merasakan manfaat dari program ini.

Bacaan Lainnya

“Program JKN ini merupakan program yang sangat baik dan bagus untuk masyarakat. Karena biaya kesehatan kan mahal. Beberapa waktu lalu saya baru menjalani operasi pengangkatan tumor rahim. Biayanya tentunya tidak sedikit. Mulai dari pemeriksaan awal hingga akhir penyembuhan seluruhnya saya pakai Kartu JKN-KIS. Alhamdulillah seluruh biaya operasi tersebut ditanggung dan saya tidak harus mengeluarkan biaya apa-apa lagi,” kata Rostin.

Awalnnya Rostin hanya merasa nyeri pada perutnya, namun kemudian terjadi pendarahan terus menerus dan harus segera dilakukan tindakan medis yaitu operasi. Rostin sangat mengapresiasi pelayanan yang didapatkan sedari awal di klinik. Tim medis dengan sigap mengarahkan Rostin agar tumor tersebut tidak berkembang lebih cepat lagi.

“Alhamdulillah kami senang sekali, dan berterima kasih kepada pemerintah yang telah berkomitmen untuk memberikan jaminan kesehatan bagi kami. Sebagai masyarakat dengan kemampuan ekonomi yang biasa saja, kami tidak memiliki dana sisa yang cukup jika harus dihabiskan untuk biaya berobat ke rumah sakit. Apalagi suami saya juga merupakan pasien hemodialisis yang ditanggung oleh Program JKN. Beliau rutin melakukan terapi cuci darah sebanyak 2 kali seminggu sejak tahun 2018. Tidak terbayangkan jika kami tidak punya Kartu JKN. Kami tidak akan sanggup membayar itu semua,” jelasnya.

Rostin melanjutkan bahwa Program JKN telah memberikan harapan hidup bagi keluarganya, terutama bagi suaminya. Rostin pun mengungkapkan harapannya agar Pemerintah dan BPJS Kesehatan tidak jenuh untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui Program JKN. Dengan demikian, seluruh rakyat Indonesia akan memiliki payung perlindungan kesehatan yang menjadi  kebanggaan semuanya, yaitu Program JKN.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait