Pemkab Subang Evaluasi Kinerja Lima Badan Usaha Milik Daerah

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang mengevaluasi lima BUMD (Badan Usaha Milik Daerah). Evaluasi semester 1 tahun 2022 ini untuk mengetahui kinerja direksi, dewan pengawas dan dewan komisaris.

Evaluasi kinerja BUMD ini dipimpin langsung oleh Bupati Subang H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi atau yang akrab disapa Kang Akur, di Delonix Hotel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Jumat, (15/7/2022) lalu.

Bacaan Lainnya

Lima BUMD yang dievaluasi itu adalah PT Subang Sejahtera, PT BPRKU, PT Bank Subang, Perumdam PDAM Tirta Rangga, dan PT Subang Energi Abadi.

Kepala Bagian Perekonomian, Pemkab Subang, Nurudin, mengatakan, evaluasi ini untuk meningkatkan silaturahmi dan konsolidasi serta sinergitas antara BUMD dengan pemegang saham dalam hal ini Bupati Subang. Untuk mengetahui sejauh mana program yang telah dicapai pada semester 1 Tahun 2022.

Selain itu, untuk mengetahui sejauh mana direksi dalam menjalankan tugas dan fungsinya apabila sesuai dengan rencana kerja tahunan begitu juga dengan pengawas dan dewan komisaris. Untuk mengetahui sejauh mana kinerja dewan pengawas dan komisaris menjalankan tugas pengendalian intern terhadap BUMD.

“Sejauh mana azas efektif efisien serta SOP yang dilaksanakan oleh dewan pengawas ataupun komisaris untuk mengetahui BUMD apa pada permasalahan atau tidak. Dan untuk mengetahui pencapaian target dan Realisasi kontribusi PAD dan kepatuhan terhadap RUPS dan RAP,” kata Nurudin.

Dia berharap evaluasi BUMD dapat menggali potensi yang yang ada di Kabupaten Subang, khususnya mensinergikan dengan program pemerintah daerah untuk pembangunan.

Ketua Forum BUMD Subang, Boby Haerul, mengatakan, Pemkab Subang telah memberikan ruang bagi BUMD untuk berinovasi, maka BUMD harus berlomba-lomha dalam kebaikan.

“Bupati memberikan kesempatan yang luar biasa, memberikan kebebasan kepada BUMD untuk melakukan akselerasi, dan inovasi. Insya Allah tiap bulan, kami sudah punya target untuk pendapatan asli daerah (PAD),” kata Boby.

Bupati Subang H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat mengapresiasi seluruh BUMD yang telah menjalin sinergitas antar BUMD dan dengan Pemkab Subang.

“Buktikan bahwa BUMD saat ini bukan lagi BUMD yang jadul. BUMD akan satu arah dengan apa yang menjadi keinginan Pemkab Subang. Saya yakin, BUMD mampu menjalankan kiprah dan amanat untuk pembangunan Subang. BUMD harus satu jiwa, satu arah, dengan apa yang menjadi keinginan saya,” kata Kang Jimat.

Menurutnya, BUMD bukan hanya bertugas untuk meningkatkan PAD Kabupaten Subang, tapi juga memiliki tugas sosial dan ekonomi.

“Bukan hanya ditargetkan untuk meningkatkan PAD, namun ada faktor sosial dan ekonomi. Khususnya faktor sosial, tentunya harus menjadi salah satu pandangan, pemikiran, tapi tidak pula untuk dijadikan ‘bancakan’. Saya inginkan adanya rutinitas evaluasi setiap triwulan,” ungkapnya.(sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait