Dampak Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

PEMBELAJARAN online pertama kali dikenal karena pengaruh dari Pandemi Covid- 19, online learning merupakan system yang dapat memfasilitasi siswa belajar lebih luas, lebih banyak, dan bervariasi. Bahkan melalui fasilitas yang disediakan oleh sistem tersebut, siswa dapat belajar kapan dan dimana saja tanpa batas waktu, ruang, dan jarak.

Penulis : Adinda Sukma N.C

Bacaan Lainnya

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Materi pembelajaran yang dipelajari beragam, tidak hanya dalam bentuk verbal, melainkan lebih bervariasi seperti visual, audio, dan gerak. Secara umum,dengan pembelajaran online sangat berbeda dengan pembelajaran secara tatap muka.

Pembelajaran lebih menekankan pada ketelitian dan kejelian peserta didik dalam menerima informasi yang disajikan secara online.

Bentuk Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19

Bentuk pembelajaran online yang digunakan selama proses pembelajaran telah banyak dikembangkan. Sejak terjadinya pandemic covid-19 semua institusi pendidikan mulai menggunakan bentuk pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi pembelajaran yang dirasakan mampu meningkatkan proses pembelajaran online.

Pembelajaran online yang berlangsung memberikan dampak pada peserta didik, ditemukan beberapa permasalahan yang mempengaruhi proses belajar peserta didik selama pembelajaran online yaitu :

Menurunnya Motivasi Belajar

Motivasi adalah suatu kondisi internal diri seseorang yang merupakan kesiapan melakukan kegiatan, menimbulkan, mengarahkan, dan mengorganisasikan tingkah laku. Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi.

Kondisi pembelajaran online menyebabkan guru kesulitan dalam mengontrol dan juga menjaga iklim belajar dikarenakan keterbatasan dalam ruang virtual. Kondisi tersebut menyebabkan motivasi belajar peserta didik dapat menurun dan mempengaruhi hasil belajar anak (Cahyani et al., 2020).

Rendahnya motivasi belajar peserta didik selama pembelajaran online, disebabkan yang pertama oleh factor internal yaitu mengenai kesehatan fisik dan mental (emosional). Motivasi dan dukungan yang diberikan orang tua pada pembelajaran online peserta didik sangat penting dan berpengaruh terhadap proses belajarannya.

Kendala Dari Orang Tua

Pembelajaran online juga dapat berdampak terhadap orang tua peserta didik, banyak orang tua yang kesulitan dalam menyesuaikan kondisi saat pembelajaran berlangsung. Karena orang tua turut berperan dalam pendampingan peserta didikk belajar secara daring.

Namun, orang tua tidak dapat sepenuhnya mendampingi anak dalam proses pembelajaran karena, orang tua harus tetap bekerja dalam kondisi pandemi Covid-19.

Solusi permasalahan pada orang tua mengenai pembelajaran online terhadap peserta didik yaitu :

  1. Rutin melakukan komunikasi dengan anak, para orang tua dan guru.
  2. Menyediakan waktu untuk mendampingi dan mengawasi anak belajar.
  3. Meminta bantuan wali kelas untuk memberikan informasi kemajuan belajar peserta didik.
  4. Meningkatkan penguasaan IT (Asmuni, 2020).

Penggunaan Gadget Berlebihan

Gadget merupakan perkembangan dari teknologi yang selalu menghadirkan teknologi terbaru, dapat membantu berbagai kegiatan manusia lebih mudah. Dengan penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan menurunnya wawasan dan tingkat kecerdasan pada peserta didik.

Menurunnya Perilaku Disiplin

Pembelajaran online yang sudah berjalan membawa dampak pada perilaku disiplin peserta didik. Menurunnya perilaku disiplin juga disebabkan kurangnya perhatian orang tua kepada anak ketika pembelajaran online.

Hal ini terjadi karena penanaman perilaku disiplin yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka dilingkungan sekolah dengan control guru beralih menjadi dilaksanakan secara online sehingga guru tidak bisa mengontrol peserta didik secara tatap muka.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait