Pengaruh Pembelajaran Digital terhadap Minat Belajar Siswa

  • Whatsapp

SEJAK munculnya virus Covid-19 di Indonesia menyebabkan mode pembelajaran berubah. Pembelajaran online atau daring semakin melonjak, yaitu dengan alasan mudah diakses dan dapat dilakukan di forum mana saja.

Penulis : Novi Febriantika

Bacaan Lainnya

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Pelaksanaan proses belajar mengajar tidak hanya sekedar teori saja tetapi harus lebih bermakna dan menyenangkan. Pemberian materi pembelajaran harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh agar proses pembelajaran mudah dipahami oleh siswa.

Pembelajaran secara daring membutuhkan kemampuan dalam menggunakan media digital. Tetapi pada saat ini generasi muda masih dikatakan belum mampu menggunakan media digitalnya untuk memperoleh informasi sebagai pengembangan diri.

Hal tersebut menyebabkan metode pembelajaran dengan bahan ajar digital tidak dapat dihindari oleh guru dan siswa untuk berlangsungnya proses pembelajaran. Tujuan dari pengajaran digital agar siswa mampu meningkatkan minat belajar serta aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang telah ditetapkan.

Desain kegiatan mengajar dan aplikasi yang fleksibel dari alat-alat teknologi atau pembelajaran digital menjadi isu utama bagi pendidikan terintegrasi teknologi informasi saat ini.

pembelajaran digital sebagai penyampaian dengan bentuk media digital (misalnya teks atau gambar) melalui Internet; dan, konten pembelajaran dan metode pengajaran yang disediakan adalah untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik dan bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pengajaran atau meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pribadi.

Namun terdapat juga masalah yang dihadapi seperti misalnya guru kurang memahami materi pembelajaran sehingga sulit memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan terhadap siswa.

Sehingga pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mengajar terlalu monoton membuat siswa merasa bosan dan malah cenderung bermain game daripada menyimak meteri yang disampaikan oleh guru.

Diperlukan pendorong untuk menumbuhkan minat belajar siswa seperti halnya guru membuat pembelajaran yang menarik berupa vidio atau animasi, gambar-gambar digital, audio, dan lainnya sehingga dapat menumbuhkan minat belajar siswa.

Proses pembelajaran membutuhkan rasa minat belajar yang tumbuh dari siswa, karena minat belajar sangat penting dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa nantinya. Minat biasanya disertai dengan perasaan senang terhadap suatu objek tertentu.

Siswa yang aktif memanfaatkan fitur-fitur di dalam pembelajaran digital dapat meningkatkan motivasi belajar siswa tersebut sehingga relatif mendapatkan hasil belajar yang lebih efektif. Keterampilan menggunakan perangkat digital sebagai alat untuk belajar merupakan salah satu bagian dari literasi digital siswa.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait