Pertukaran Seni Budaya Indonesia – India Diselenggarakan di Subang

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang menggelar pertukaran seni budaya International 2022 dengan Pemerintah India, di Sampalan Citapen, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Senin (01/08/2022).

Kegiatan “Culture Artis Exchange For Peace In The World” antara seni budaya Indonesia dengan seni budaya India ini langsung dibuka oleh Wakil Bupati Subang.

Bacaan Lainnya

Di Era globalisasi ini, sekat-pemisah antar suatu negara dengan negara lainnya semakin terbuka. Arus komunikasi dan informasi yang sangat cepat, membuat kebudayaan asing masuk.

“Dan kita harus tetap bisa beradaptasi namun tetap mempertahankan budaya kita,” kata Wakil Bupati.

Dikatakan, pertukaran budaya bukanlah invasi budaya, tetapi bagaimana caranya agar saling memahami dan menghormati budaya satu sama lain.

“Pertukaran budaya ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kedua negara Indonesia-India khususnya juga bagi Kabupaten Subang,” katanya.

Ketua Pelaksana Puragajati Kusuma Sundayana, kegiatan ini merupakan momentum dalam merawat dan menjaga budaya Indonesia.

“Ini menjadi momen pertukaran budaya yang pertama diselenggarakan di Subang,” kata Kusuma.

Owner Sampalan Citapen, Bambang Herdadi, mengatakan, edukasi budaya bisa lahir dari berbagai diskursus dan edukasi sehingga bisa berkembang sesuai dengan tantangan dan perubahan sosial.

“Bisa berkembang karena kita sharing dengan berbagai negara dan merupakan media edukasi budaya untuk siswa yg hadir di citapen,” kata Bambang.

Acara dilanjutkan dengan penampilan Tari Rampak Kendang SMKN Kesenian Subang, Rampak Tari Jaipongan, Indian Classical Dance by : N. Nitya Santoshini Vaishnavi School  of Theatre Arts Visakhapatnam,  Telugu Folk Dance  by Raghupathruni Harshitha Tiina  School  of Theatre Arts Visakhapatnam dan banyak penampilan lainnya.(sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait