Tinjau Lokasi Pengembangan UPI, Bupati Kang Jimat Berharap Subang Jadi Kota Pendidikan

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Kehadiran Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sangat ditunggu masyarakat Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang menginginkan Kabupaten Subang menjadi Kota Pendidikan.

Demikian dikatakan Bupati Subang H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat saat mendampingi Ketua Majelis Wali Amanat UPI (MWA) Agum Gumelar, meninjau lahan yang akan dijadikan sebagai lokasi pengembangan UPI di Kecamatan Jalancagak, Senin (15/8/2022). Usai meninjau lokasi, dilanjutkan dengan rapat koordinasi pengembangan UPI di Sari Ater Hotel.

Bacaan Lainnya

Ketua MWA UPI (Majelis Wali Amanat) Agum Gumelar, mengatakan, MWA bertugas untuk menetapkan kebijakan umum universitas. Saat ini, dia meninjau lahan yang akan menjadi lokasi pengembangan UPI.

Diakuinya, letak geografis pengembangan UPI di Subang sangatlah strategis, terlebih dari kondisi alam, kontur tanah dan cuaca.

“Saya tadi melihat secara geografi letaknya teramat strategis, cocok untuk pengembang UPI. Saya bisa membayangkan bahwa dari segi alam, dari segi bentuk tanah, dari segi cuaca ini sangat mendukung dikembangkannya UPI di Subang,” kata Agum.

Ia juga melihat adanya semangat tinggi dari Bupati Subang yang menginginkan adanya pusat pendidikan tinggi di Subang.

“Dari semangat, mulai dari Bupati sampai kepala desa dan kepala dinasnya semua sama, sudah ‘gatel’ (untuk segera dibangun UPI). Saya terharu mendengarnya, dan tentunya harapannya sama dengan pak bupati dan kawan kawan supaya segera dapat terealisasi,” jelasnya.

Rektor UPI Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A., mengatakan, pembangunan UPI di Subang harus melalui perizinan dari Majelis Wali Amanat.

“Membangun UPI di Subang menjadi langkah besar. Saya tak mau melakukan langkah yang sia-sia, sehingga kami menunggu izin dari MWA,” kata Solehuddin.

General Manager Aset PTPN VIII, Yogi Subaktyana, yang mewakili Direktur PTPN VIII, mengatakan, PTPN VIII sangat mendukung pengembangan UPI di Subang. Namun, ada beberapa proses yang harus diselesaikan.

“Kami dari pihak PTPN mendukung program pengembangan kampus UPI di Subang,” kata Yogi.

Ia mengaku bangga karena bisa bekerja sama dengan UPI, karena saat ini PTPN VII dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang sudah bekerjasama diberbagai bidang.

“Kami merasa bangga bisa bekerja sama dengan UPI. Sebelumnya, kami sudah bekerjasama dengan Pemkab Subang terkait pembangunan tempat sampah, dan pembangunan kawasan industri,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Subang H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat, mengatakan, Pemkab Subang sangat menunggu kehadiran UPI, karena dia  menginginkan kehadiran UPI menjadikan Subang sebagai Kota Pendidikan. Kehadiran UPI di Subang, akan memberikan efek positf, terlebih akan mendekatkan lokasi pendidikan bagi masyarakat Subang

“Kenapa kami ingin segera terealisasi. Ini terkait cita-cita kami. Kami optimis dengan hadirnya UPI, Subang menjadi kota pendidikan. Efek dampak keberadaan UPI, Insha Allah akan berdampak positif, terlebih anak-anak kami kuliah tidak jauh,” kata Bupati.

Esok hari, kata Kang Jimat, UPI bisa memaksimalkan potensi dan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) di Subang. Karena ini berkaitan dengan hadirnya era industrialisasi. Maka harus mempersiapkan SDM.

Bupati janji akan mensupport pembangunan UPI di Subang dan berharap segera terealisasi.

“Kami siap mensupport untuk segera berdirinya UPI di Subang. Saya berharap, progress hari ini bisa di-follow up, sehingga bisa cepat terealisasi,” ungkapnya.(sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait