PT OS Selnajaya Indonesia Melepas Ratusan Peserta Magang dan Persiapan SSW ke Jepang

  • Whatsapp

Kabupaten Bogor, spiritnews.co.id – PT OS Selnajaya Indonesia (OS Selnajaya) melepas dan menyerahkan Sertifikat Kelulusan Pelatihan Kerja dan Bahasa kepada 921 peserta program magang dan peserta program persiapan Specified Skilled Worker (SSW) ke Jepang di Pusat Pelatihan OS Selnajaya Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pelepasan 921 peserta magang tersebut langsung dilakukan oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, yang disaksikan Forkopimda Kabupaten Bogor, Forkopimcam Kecamatan Cileungsi, serta perwakilan peserta pelatihan OS Selnajaya untuk program kerja Perawat ke Belanda.

Bacaan Lainnya

Presiden Direktur PT OS Selnajaya, Satoshi Miyajima, berharap dapat memberikan kesempatan kerja kepada orang Indonesia di Jepang.

“OS Selnajaya berkomitmen untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, dan mempromosikan program ini kepada perusahaan-perusahaan Jepang, sehingga lebih banyak orang Indonesia yang dapat diterima di Jepang,” kata Miyajima.

Dia berharap, mendapat dukungan penuh dari semua stakeholder, termasuk pemerintah pusat dan Daerah agar OS Selnajaya dapat terus berkontribusi dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, menyampaikan pesan penting kepada peserta pelatihan program magang, Specified Skilled Worker (SSW), dan program kerja perawat ICU ke Belanda.

“Keberhasilan para peserta merupakan upaya berkesinambungan antara diri sendiri, dukungan keluarga dan kerabat, serta komunitas yang telah menyampaikan informasi kredibel mengenai peluang kerja ke luar negeri,” kata Noor.

Ia mengaku bangga, karena bekerja di luar negeri sebagai PMI bukan hanya membantu menaikan devisa negara, tetapi juga menjadikan mereka sebagai duta yang merepresentasikan citra Indonesia di dunia, baik dari sisi pariwisata, kuliner, maupun kekayaan keragaman budaya. Ia mengapreasiasi upaya manajemen OS Selnajaya yang telah membantu pemerintah terkait dengan penanganan permasalahan ketenagakeraan.

“Apa yang dilakukan OS Selnajaya, dengan membuka kesempatan kerja di luar negeri, sejatinya merupakan salah satu dari sembilan lompatan Kementerian Ketenagakerjaan,” katanya.

Diakuinya, Kementerian Ketenagakerjaan akan terus memperkuat komitmen untuk menyelenggarakan pelatihan kerja dan bahasa, baik melalui unit pelatihan Kerja pemerintah, maupun lembaga pelatihan seperti OS Selnajaya.

OS Selnajaya sendiri memiliki pusat pelatihan untuk program magang dan kerja ke luar negeri yang berlokasi di Cileungsi, Cibubur, Bandung, Malang dan Ponorogo. Di pusat pelatihan ini, OS Selnajaya memfasilitasi para peserta program magang dan kerja dengan kelas Bahasa Jepang, dan Belanda.

Kemudian ada juga kelas untuk Teknik Kerja yang berkaitan dengan Keperawatan dan Non Keperawatan. Selain itu, OS Selnajaya juga memberikan fasilitas yang berkaitan dengan Budaya Jepang, Belanda, dan negara lainnya untuk memudahkan para tenaga kerja ketika bekerja di luar negeri.

Selaras dengan program pemerintah, dengan didirikannya pusat pelatihan ini OS Selnajaya bertujuan membantu menekan angka pengangguran dengan meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia di Indonesia agar bisa bersaing di luar negeri.

OS Selnajaya berterima kasih kepada semua peserta, karena telah menunggu selama dua tahun dengan kesabaran. Saat ini, OS Selnajaya telah mengirim banyak tenaga kerja Indonesia ke Jepang, dengan begitu peserta tidak perlu khawatir ketika di Jepang.

OS Selnajaya juga memiliki staf di Jepang yang siap mendampingi para peserta. Terakhir, OS Selnajaya selalu berusaha agar keberangkatan para peserta ke Jepang dapat berjalan dengan aman dan tenang.(rls/red/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait