Mahasiswa PMM UMM Edukasi Pelaku UMKM di Desa Kebontemu tentang Pelaporan Keuangan

  • Whatsapp

Kabupaten Jombang, spiritnews.co.id – Sekelompok mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan pelatihan penyusunan pelaporan keuangan dan marketplace bagi UMKM Khalifa Scraft di Dusun Nglongko,  No.129, Desa Kebontemu, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), sebagai benteuk kepedulian mahasiswa terhadap sistem penyusunan pelaporan keuangan UMKM Khalifa Scraft yang masih dilakukan secara manual. Serta masih belum maksimalnya marketplace yang dilakukan oleh UMKM Khalifa Scraft.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Dosen Pembimbing PMM, Agung Prasetyo Nugroho Wichaksono, S.E, M.A, memberikan materi mengenai cashflow laporan keuangan sederhana. Dan selanjutnya kelompok PMM-mitra dosen ini menjelaskan ke pemilik UMKM Khalifa Scraft.

Kelompok mahasiswa yang beranggotakan lima orang yaitu Wahyu Irawan, Abbas Bukhari, Sefana Ernastiti Triana, Tsabitah Siti Salsabilla Arinda, dan Farah Azzahra Putri memberikan edukasi  penyusunan keuangan bagi pelaku UMKM.

“Kami mengedukasi pelaku UMKM di Desa Kebontemu mengenai penyusunan pelaporan keuangan menggunakan cashflow dan membuat marketplace,” kata Triana.

Abbas menambahkan, mereka juga memberikan pelatihan mengenai penjelasan tentang Cashflow sederhana yang berisikan tentang laporan pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya.

“Kendala yang dihadapi oleh UMKM Khalifa Scraft ini adalah tidak adanya alat elektronik yang menunjang. Sehingga, menggunakan catatan laporan keuangan secara manual,” kata Abbas.

“Kami memberikan pelatihan penyusunan pelaporan keuangan menggunakan cashflow sederhana dan membuat marketplace ini membuatkan buku panduan tentang alur-alur pengisian cashflow dan pendaftaran marketplace yang mana buku tersebut akan diberikan kepada UMKM Khalifa Scraft sebagai pembantu untuk menjalankan usaha hijab tersebut,” timpal Arinda.(rls/red/sir)

Pos terkait