Ratusan Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Universitas Subang Seminar Riset dan Teknologi

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Untuk mengembangkan, menciptakan dan menerapkan potensi mahasiswa di bidang riset dan dan perkembangan teknologi (ristek), sebanyak 212 mahasiswa ristek dengan 21 dosen pembimbing, mengikuti seminar riset dan praktek Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang Tahun Akademik 2022/2023, di Auditorium Lantai 2 Universitas Subang,  Senin (03/10/2022).

Seminar yang dibuka Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi itu dilaksanakan secara tatap muka dan maupun virtual. Adapun temanya adalah “Inovasi Pelayanan Dan Transfortasi Digital Tata Kelola Birokrasi Pemerintahan di Kabupaten Subang”.

Bacaan Lainnya

Kepala Prodi Administrasi Publik, Luki Natika, mengatakan, seminar riset dan praktek Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi ini merupakan Kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir.

“Untuk meningkatkan proses pembelajaran mahasiswa khususnya pemahaman dan pemerapan yang berkaitan dengan kajian praktik-praktik administrasi publik, serta meningkatkan kerjasama antara Universitas Subang dengan pemerintah daerah,” kata Luki.

Selain itu, kata Luki, untuk membangun wawasan dan pemahaman dalam administrasi publik yang siap pakai dan bekerja, penguasaan teori, menjalin persaudaraan antara mahasiswa, dosen pembimbing serta lembaga terkait.

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang, Silvi Sundari Gazali, mengatakan, seminar ini merupakan salah satu mata kuliah wajib dalam rangka melatih mahasiswa untuk melakukan penelitian, sehingga diharapkan mampu mengembangkan ilmu, inovasi serta menghasilkan karya tulis ilmiah yang baik.

“Untuk menunjang riset ini, kami sudah MoU dan MoA dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang,” kata Silvi.

Rektor Universitas Subang, Moeslihat Komara, mengatakan, dengan berbagai pencapaian yang diraih oleh Pemkab Subang menjadi salah satu alasan mengapa riset akan dilakukan di Kabupaten Subang.

“Dalam riset yang akan dilakukan ini akan menghasilkan beberapa bentuk seperti rekomendasi, sharing, hak paten hingga penelitian dalam bentuk lab (model) dan nantinya akan menghasilkan bentuk pelayanan baik seperti apa,” kata Komara.

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, yang juga sebagai Keynote Speaker, memaparkan visi misi Kabupaten Subang, dan prioritas pembangunan tahun 2023. Salah satunya yaitu reformasi birokrasi serta 105 inovasi layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Subang pada tahun 2022.(sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait