Desember 2022 Harus Diresmikan Presiden, BBWS dan Pemkab Subang Sepakat Percepatan Pembangunan Bendungan Sadawarna

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum kebut pembangunan Bendungan Sadawarna, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Sebab, bendungan ini harus diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Desember 2022.

Demikian bahasan pokok dalam pertemuan BBWS Citarum dengan Bupati Subang H. Ruhimat, atau yang akrab disapa Kang Jimat, di Saung Jimat, Rumah Dinas Bupati, Jumat, (21/10/2022).

Bacaan Lainnya

Kepala BBWS Citarum, Ir. Bastari, M.Eng., mengatakan, Bendungan Sadawarna merupakan 9 bendungan yang akan diresmikan oleh Presiden RI pada akhir tahun 2022. Sesuai rencana, Bendungan Sadawarna akan segera dilakukan perendaman dengan Elevasi +80 pada akhir bulan Oktober atau awal November 2022.

“Secara fisik Bendungan Sadawarna telah selesai hingga 96%, sehingga untuk wilayah perkantoran dan lain sebagainnya sudah tertata dengan rapi. Bendungan Sadawarna akan memberikan manfaat yang banyak, seperti untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di wilayah Pantura,” kata Bastari.

Dia berharap dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang agar BBWS mampu menyelesaikan bendungan yang merupakan proyek nasional ini sesuai rencana yang telah ditentukan.

Bupati Subang H. Ruhimat, atau yang akrab disapa Kang Jimat, mengaku akan membantu percepatan pembangunan Bendungan Sadawarna dengan membantu relokasi rumah warga yang terancam banjir.

“Saya akan mendukung percepatan pembangunan. Namun saya ingin, berbagai permasalahan yang masih ada dapat segera teratasi. Seperti masyarakat yang lahannya terendam, dapat mendapatkan lahan hunian pengganti serta fasilitas-fasilitas umum yang layak, dan kemaslahatan masyarakat dapat tercapai. Jangan sampai setitik noda tidak teratasi,” kata Kang Jimat.(sir/red)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait