PMM di Panti Asuhan Taqwa Al-Qolbi, Mahasiswa UMM Edukasi Personal Hygiene

  • Whatsapp

Kota Malang, spiritnews.co.id – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sedang melaksanakan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Novitasari Agus Saputri, M.Pd.

PMM itu dilaksanakan di Panti Asuhan Taqwa Al-Qolbi di Jalan Joyo Agung II, Nomor 9, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Mereka memberikan edukasi kebersihan diri dan lingkungan kepada anak-anak panti asuhan.

Bacaan Lainnya

“Kami berikan edukasi melalui media power point dan beberapa video penjelasan tentang pentingnya kesadaran untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar,” Niken Hesty Wulandari, salah seorang mahasiswa yang sedang melaksanakan PMM Gelombang 11 Kelompok 37.

Diakuinya, personal hygiene merupakan perawatan diri yang mempengaruhi kesehatan manusia sebagai aktifitas kehidupan sehari-hari. Lazimnya personal hygiene pada anak sekolah berubah 7 – 12 tahun meliputi kebersihan badan, kebersihan tangan, kebersihan kuku dan kebersihan baju.

Selain penyampaian materi kebersihan diri, kata Niken, diberikan pula materi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan yang meliputi kebersihan tempat tinggal dengan cara membuang sampah tidak sembarangan.

“Jika pembuangan sampah sembarangan akan mengakibatkan lingkungan terlihat kotor yang menyebabkan timbulnya penyakit dan terlihat tidak nyaman untuk ditempati,” katanya.

Pemberian materi ini diawali dengan memberi pengertian arti dari Personal Hygiene yang sebenarnya, dilanjutkan dengan pemberian contoh-contohnya dan dampak buruk bagi tubuh akibat menyepelekan kebersihan diri dan lingkungan.(rls/red/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait