PGE Bantu Bersihkan Saluran Air ke Sawah Masyarakat 

  • Whatsapp

Kabupaten Aceh Utara, spiritnews.co.id – PT PEMA Global Energi (PGE) membersihkan saluran air di sekitar cluster produksi yang mengairi sawah masyarakat di empat kecamatan yaitu Kecamatan Syamtalira Aron, Tanah Luas, Nibong dan Matangkuli.

Pembersihan saluran irigasi sepanjang 20 kilometer itu mulai dilakukan sejak Selasa (25/10/2022) lalu. Pembersihan saluran air ini dilakukan menggunakan escavator (beko) dan dibantu masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Field Manager PGE, Agung Widyantoro, melalui External Relation Coordinator, Agus Salim, mengatakan, pembersihan saluran air yang mengairi persawahan masyarakat di sekitar wilayah operasi PGE merupakan salah satu kegiatan mitigasi banjir pasca hujan di setiap akhir tahun. Sehingga dgn normalisasi saluran air maka banjir dapat diminimalkan/dikendalikan. Selain itu juga bentuk kepedulian PGE dalam hal mendukung ketahanan pangan masyarakat di sekitar perusahaan.

“Mayoritas masyarakat di sekitar PGE adalah petani padi, sehingga kebutuhan mengaliri sawah adalah yang terpenting menjalang musim tanah oleh karena itu PGE bergerak cepat untuk membersihkan saluran air agar memperlancar proses pengairan sawah, dan menurut kami hal ini akan sangat membantu masyarakat,” kata Agus.

Dikatakan, selain mendapatkan manfaat lancarnya penyaluran air ke sawah, di beberapa titik pembersihan yang dilakukan secara manual oleh masyarakat setempat, masyarakat yang ikut bekerja membersihakan saluran air juga mendapatkan upah sehingga bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

“Saya berharap pembersihan ini berjalan dengan lancar dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat sekitar wilayah operasi PGE. Kami juga berharap masyarakat menjaga kebersihan dan pembuangan sampah pada tempatnya agar saluran air tetap terjaga dengan baik,” ungkapnya.(mah/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait