Bupati Subang Apresiasi Hasil Karya Inovatif Siswa-Siswi SMK Genus 1 Pabuaran

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – SMK Gema Nusantara (Genus) 1 Pabuaran mengenalkan hasil karya inovatif para siswa-siswi. Hasil karya inovatif ini menjadi bukti nyata bahwa pelajar SMK di Subang memiliki kemampuan dan inovasi yang patut diapresiasi.

Bupati Subang H. Ruhimat, tertarik dengan hasil karya inovatif siswa-siswi tersebut. Orang nomor satu di Kabupaten Subang, Jawa Barat ini, bersama istrinya yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Subang, mengunjungi SMK Gema Nusantara (Genus) 1 Pabuaran, Selasa, (1/11/2022).

Bacaan Lainnya

Di sekolah ini, ia melihat berbagai teknologi inovasi yang telah diciptakan oleh para siswa-siswi SMK Genus 1, dimulai dari alat penangkap sinyal, sensor api, hingga penjernih air. Bahkan, bupati yang akrab disapa Kang Jimat ini, selfie (terlentang) ditengah kerumunan siswa SMK Genus.

Kepala SMK Genus 1, Hj. Eva Farhanah, menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Subang. Ia berharap kunjungan ini mampu memberikan motivasi untuk kesuksesan sekolah dan para siswa-siswi SMK Genus 1.

“Kedatangan Pak Bupati membawa semangat kesuksesan untuk sekolah dan siswa siswi kami,” kata Eva.

Eva mengatakan, SMK Genus 1 berdiri sejak 1997, dan telah meluluskan banyak siswa-siswi yang dapat diserap berbagai perusahaan. Bahkan, siswa-siswi SMK Genus 1 pernah diundang ke Makorem Cirebon untuk mengikuti pameran inovasi, dan hasil karya siswa-siswi Genus 1 diapresiasi oleh Ibu Pangdam Siliwangi.

Hasil karya tersebut diantaranya alat penguat sinyal, alat penjernih air, alat percepatan sinyal, alat pompa dispenser otomatis, kemudian palang pintu kerera otomatis, tempat sampah otomatis dan masih banyak produk lainnya.

“Produk yang dihasilkan dapat memenuhi dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat kekinian. Penggunaan produk-produk ini sangat praktis sesuai dengan keiniginan yang dibiutuhkan kaum milenial,” katanya.

Dari inovasi ini, kata Eva, maka akan memacu kreativitas para pelajar dan dapat membuka peluang pasar baru bagi masyarakat, sebagai salah satu upaya membangkitakan perekonomian.

“Kami harap ke depannya siswa-siswi kami bisa meningkatkan semangat belajar untuk lebih giat lagi membuat inovasi-inovasi baru. Harapan ke depannya semoga produk karya SMK Genus 1 Subang bisa dikenal dan diminati oleh masyarakat luas,” ujarnya.

Diakuinya, kesuksesan para siswa-siswi tak lepas dari peran para guru yang bersemangat demi dunia pendidikan di Kabupaten Subang.

“Alhamdulillah kami disini punya rekan guru yang semangat untuk mengajar siswa-siswi untuk terus berinovasi,” jelasnya.

Bupati Subang H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat, mengapresiasi siswa-siswi SMK Genus 1 yang telah menciptakan berbagai inovasi. Dia juga mengapresiasi kepala sekolah dan para guru yang mampu memberikan pengajaran yang luar biasa bagi para siswa.

“Terimakasih kepala sekolah dan ibu/bapak guru, tanpa bimbingan guru, saya yakin tidak mampu berbuat banyak, terima kasih,” kata Bupati.

Bupati optimis, hari esok Subang lebih baik, jika dibekali dengan sumber daya manusia yang mampu bersaing dan memiliki berbagai inovasi seperti siswa-siswi SMK Genus dan mengajak seluruh siswa-siswi untuk terus berinovasi.

“Saya bangga, saya optimis, hari esok Subang ternyata penuh dengan optimisme jika anak-anaknya seperti di SMK Genus 1. Biar bagaimanapun, hari esok Subang itu ada pada kalian. Kalian jangan dulu merasa puas dengan hasil saat ini,” katanya.

Bupati berpesan kepada para siswa-siswi untuk belajar dengan baik dan patuh terhadap kedua orang tua.

“Wajib belajar dengan baik, wajib mengikuti apa yang diajarkan oleh bapak ibu guru dan kepala sekolah, wajib juga kalian ikuti apa yang disampaikan oleh bapak ibumu,” pesa Bupati kepada para siswa-siswi SMK Gebus 1.

Menjawab pertanyaan para siswa-siswi terkait lapangan kerja, Bupati mengaku, akan memperbaiki sistem perekrutan tenaga kerja. Sehingga meminimalisir adanya kecurangan dan munculnya oknum yang meminta sejumlah uang untuk masuk kerja di perusahaan.

Terkait mengenai kesempatan dan peluang untuk membuka usaha, Bupati menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang memberikan modal usaha bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui Dinas Koperasi dan UMKM.

“Tiap tahun ada bantuan hibah dari pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UMKM, yang penting itu ada usahanya. Jika ada lulusan SMK Genus 1 ini mau usaha, bapak akan mensupport yang ingin mempunyai usaha,” ungkapnya.(sir/red)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait