Perawatan Thalassemia Gratis, Ferdy Gunakan Jaminan Kesehatan Nasional

  • Whatsapp

Kabupaten Purwakarta, spiritnews.co.id – Ferdy (5) terlihat sangat ceria bersama ibunya, Nunung (47) di sebuah rumah sakit wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Saat itu Ferdy hendak melakukan transfusi darah rutin untuk perawatan thalassemia yang dideritanya.

Nunung bercerita bahwa anaknya sejak umur sembilan bulan divonis dokter terkena thalassemia. Dulu dia tidak mengerti penyakit seperti apa itu. Sewaktu bayi, Ferdy mudah lemas dan kuning, lalu disuruh berobat ke orang pintar dan nurut saja, tapi ternyata masih sakit saja. Terus ada dari RT kasih kartu JKN, katanya bisa untuk berobat gratis.

Bacaan Lainnya

“Baru kita bawa ke dokter pakai kartu JKN itu dan ternyata benar gratis semua. Setiap dua minggu sekali, anak saya harus transfusi darah. Untung kami tidak mengeluarkan uang sama sekali, semua ditanggung kartu JKN. Alhamdulillah kami bersyukur sekali telah dibantu,” kata Nunung.

Nunung beserta seluruh anggota keluarganya menjadi peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), yang mana seluruh iuran JKN keluarga Nunung dibayarkan oleh pemerintah pusat. Oleh karenanya Nunung sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah menyelenggarakan Program JKN.

Selain transfusi darah rutin, Ferdy juga mendapatkan vitamin dan obat secara gratis. Diakui Nunung selama mendapatkan perawatan menggunakan kartu JKN, pelayanan yang mereka dapatkan sangatlah baik dan ia tidak mengalami kendala sedikitpun.

Setelah menjalani perawatan thalassemia selama empat tahun lebih, kini Ferdy terlihat sangat ceria dan bersemangat. Menurut Nunung, perawatan thalassemia yang didapat Ferdy membawa banyak sekali perubahan bagi Ferdy. Kini Ferdy dapat bermain seperti teman sebayanya.

“Sebentar lagi anaknya mau sekolah, semoga dia kuat dan bisa mengikuti kegiatan di sekolah seperti teman-temannya. Terima kasih sekali kepada BPJS Kesehatan, harapan saya dan keluarga semoga Program JKN ini dapat terus berlangsung karena manfaatnya sangat besar. Kami sekeluarga sudah merasakan langsung dan sangat puas dengan pelayanan yang kami dapatkan,” ujar Nunung.

Nunung pun mengajak seluruh masyarakat untuk dapat mendukung keberlangsungan Program JKN termasuk fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

“Semoga kerja keras dan kebaikan orang-orang yang memberikan pelayanan kepada kami masyarakat ini dibalas oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucap Nunung.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait