Mama Tua Ngaku Tidak Punya Uang, Raja Aibon Kogila Langsung Masuk Dapur

  • Whatsapp

Kabupaten Intan Jaya, spiritnews.co.id – Saat sedang rapat dengan perwira Satgas Elang dari Intai Tempur (Taipur) Kostrad, Kapten Inf Puji, Mayor Anjas, Kapten Suryo dan Letnan Satu Jefry, Komandan Satuan Tugas Batalyon Infanteri Para Raider 305/Tengkorak, Letnan Kolonel Inf Ardiansyah kedatangan tamu seorang nenek bernama Julitina Mesini atau yang akrab disapa Mama Tua.

Letkol Inf Ardiansyah atau yang akrab disapa Raja Aibon Kogila akhirnya menyudahi rapat saat mendapat laporan kedatangan Mama Tua tersebut dan mengajak para perwira tempur baret hijau itu untuk menemui Mama Tua.

Bacaan Lainnya

Pada saat itu, Mama Tua mengaku tidak punya uang untuk membeli kebutuhan pangan. Dan ingin menjual noken, tiga ikat batang serai dan beberapa buah markisa kepada pasukan TNI Angkatan Darat itu.

Mendengar pengakuan Mama Tua itu, Raja Aibon Kogila terharu, lalu ia mengajak Mama Tua dan pasukannya untuk menuju rumah Mama Tua yang tak jauh dari Posramil Mamba.

Sesuai salah satu program TNI Angkatan Darat “Babinsa Masuk Dapur”, Letkol Raja Aibon Kogila memerintahkan Dansimayon YPR 305/Tengkorak, Sersan Kepala Cecep dan beberapa bintara untuk ikut dan membawa bekal berupa beras dan mie instan.

Sejak Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak bertugas di Kabupaten Intan Jaya, Papua, Mama Tua memang akrab dengan prajurit-prajurit TNI dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat itu. Raja Aibon Kogila sampai-sampai menjadikan Mama Tua sebagai orang tua kesayangannya.

Mama Tua menempati rumah papan yang dibangun pemerintah, letaknya tepat di depan bekas bangunan yang dibakar Kelompok Separatis Teroris (KST) pimpinan Apen Kobogau (dalam organisasi KST Intan Jaya, diketahui menjabat sebagai Wakil Panglima Kodap), pada 16 Agustus 2021. Mama Tua tinggal di rumah itu cuma bersama cucunya Loison Sani. Anak itu sudah yatim, karena ayahnya, Osea Sani telah meninggal dunia. Selama ini semua kebutuhan hidup Loison ditanggung neneknya itu.

Sesampai di rumah, Mama Tua menunjukkan foto mendiang Osea Sani yang masih tertempel di dinding rumah. Pintu kamar untuk istirahat bersama Loison juga dibuka, kemudian diperlihatkan kondisi kamarnya kepada Raja Aibon.  Beras yang beberapa waktu lalu diberikan Raja Aibon, juga diperlihatkan.

“Sedih sekali melihat keadaan sang Nenek. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa kehidupan sang Nenek sangat memprihatikan,” kata Raja Aibon Kogila.

Saat melihat dapur, Raja Aibon Kogila, Puji dan para prajurit Kostrad lainnya penasaran, karena tidak nampak bekas masak. Di dapur itu hanya beberapa peralatan masak yang berserakan.

Ternyata, terjawab ketika Nenek membuka pintu honai di samping rumah, karena terlihat api masih menyala dengan ceret untuk memasak air tak jauh dari perapian. Jadi selama ini Mama Tua tak pernah masak di rumah tapi di honai.

Kemudian Serka Cecep menyerahkan bahan makanan untuk bekal sang Nenek. Bos Mamba kemudian memegang tangan Nenek sambil menyerahkan amplop. Amplop yang berisi sejumlah uang untuk membayar noken yang masih dipakai Raja Aibon, selebihnya sebagai tambahan bekal Nenek untuk membeli lauk.

Tak bisa dihindari Nenek Julitina, nampak mata sang Nenek berkaca-kaca menerima buah tangan dari Cecep. “Hormat. Tuhan berkati,” ucap Nenek sambil melihat Cecep. Beberapa kalimat dalam bahasa Moni kemudian diucapkan oleh sang Nenek. “Berdoa buat Ko,” kata Loison sambil memegang perut Raja Aibon Kogila, setelah Nenek selesai berucap.

Sang Nenek kemudian mengajak Raja Aibon dan rekan-rekan melihat kuburan ayah Loison, kuburannya berada persis di belakang honai. Terlihat baju dan celana mendiang Osea Sani sengaja digantung, dipajang di atas kuburan.

Karena tak kuasa menahan sedih berlama-lama dengan Nenek Julitina Mesini, Raja Aibon kemudian pamit. Sebelum meninggalkan Nenek, Lettu Saeful, Perwira Logistik sekaligus Pater Elang memberikan roti untuk tambahan bekal Nenek. Loison juga terlihat girang sekali karena Pater Elang juga memberikan gula-gula. “Ayo, kita kembali yo, hormat,” ucap Raja Aibon sambil menyalami sang Nenek.

Semoga Tuhan menjaga Nenek Julitina Meisani dan Cucunya. Dan, semoga Nenek selalu tersenyum, bersama keluarga besar Raja Aibon Kogila. Amin.(rls/red/sir/305/Tengkorak)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait