Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Karawang terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Karawang dan Purwakarta dengan melakukan strategi jemput bola yaitu hadir langsung di tengah masyarakat guna memberikan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui kegiatan Mobile Customer Service (MCS).
“Pelayanan MCS hadir di Polres Purwakarta sebagai salah satu bentuk upaya kami dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses berbagai macam info layanan seputar Program JKN. Sasaran kami pada MCS kali ini yaitu para masyarakat yang datang ke Polres Purwakarta, utamanya yang sedang mengurus administrasi pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM),” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Karawang, Yerry Gerson Rumawak.
Adapun MCS merupakan kegiatan yang hampir setiap hari dilakukan oleh BPJS Kesehatan dengan bergerak langsung mendatangi masyarakat. Pelayanan MCS berkeliling dari satu desa ke desa berbeda setiap minggunya.
Dikatakan, peserta JKN dapat mengakses layanan informasi pendaftaran, penanganan pengaduan, dan pemberian informasi tentang program-program yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan, termasuk sosialisasi berbagai layanan digital yang kini dapat diakses oleh peserta JKN.
“Ini juga merupakan bentuk inisiasi dini dari kami terkait dengan implementasi Instruksi Presiden 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Dengan hadirnya MCS di Polres Purwakarta masyarakat yang hadir dapat secara langsung mengecek keaktifan status kepesertaan JKN mereka. Selain itu petugas BPJS Kesehatan secara aktif memberikan informasi mengenai kanal-kanal pelayanan digital lainnya,” katanya.
Reza (26), merupakan seorang warga Kabupaten Purwakata yang secara langsung telah merasakan manfaat dari hadirnya MCS di Polres Purwakarta. Menurutnya, kehadiran MCS tersebut cukup menarik perhatian masyarakat. Pelayanan yang didapatkan oleh masyarakat tidak berbeda dengan pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan.
“Awalnya saya hanya iseng mau cek status kepesertaan saya, ternyata aktif alhamdulillah. Kemudian saya diberikan informasi bahwa kini banyak sekali pelayanan secara online yang bisa saya akses terkait dengan kepesertan JKN, mulai dai dari PANDAWA, CHIKA, VIKA, Care Center 165, Aplikasi Mobile JKN, dan masih banyak lagi. Semoga semua inovasi ini dapat kami manfaatkan untuk mendukung keberlangsungan Program JKN,” ungkapnya.(ybs/ops/sir)