Jadi Pusat Unggulan di Tiga Kabupaten, Siswa SMKN 1 Dawuan Subang Berhasil Produksi Motor Listrik Road

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Siswa-siswi SMKN 1 Dawuan berhasil memproduksi motor listrik road. Keberhasilan ini menjadikan SMKN 1 Dawuan Subang ini menjadi SMK Pusat Unggulan di tiga kabupaten, yaitu, Kabupaten Subang, Purwakarta, dan Karawang.

Demikian dikatakan Kepala SMKN 1 Dawuan, R. Eris Garini, diacara  Gebyar Festival Pahlawan Dawuan, di SMKN 1 Dawuan yang dihadiri Bupati Subang, H. Ruhimat didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, Rabu (16/11/2022). Gebyar Festival Pahlawan Dawuan tersebut mengangkat tema Jadilah Pahlawan yang Super Cerdas.

Bacaan Lainnya

“Berkat kerja keras seluruh pihak, SMKN 1 Dawuan berhasil meraih prestasi sebagai satu-satunya SMK Pusat Unggulan di Kabupaten Subang, Purwakarta, dan Karawang sekaligus mampu membuat motor listrik road. Kami mampu menghadirkan motor listrik road sebagai bahan pembelajaran bagi siswa,” kata Eris.

Ketua Komite SMKN 1 Dawuan, H. Hidayat S.Ag.,M.Si, berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang dapat mendukung kemajuan SMKN 1 Dawuan karena tanpa sekolah ini, masyarakat sekitar akan kesulitan dalam mengenyam pendidikan.

“Sekolah ini dibangun demi kemajuan bangsa melalui peningkatan kualitas generasi muda,” kata Hidayat.

Pada kesempatan itu, Bupati Subang, H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat, meluncurkan sekaligus melakukan uji berkendara sepeda motor listrik road yang merupakan hasil karya siswa SMKN 1 Dawuan yang akan dijadikan media pembelajaran bagi siswa-siswi SMKN 1 Dawuan.

Dalam peluncuran motor listrik tersebut, Bupati Subang mengaku bangga dan terharu atas hasil karya siswa SMKN 1 Dawuan yang sudah menggunakan teknologi canggih.

“Motor listrik ini sudah menggunakan teknologi sidik jari. Saya sampai merinding dan hampir menangis saking bangganya atas karya anak didik SMKN 1 Dawuan. Karya ini akan menjawab kebutuhan hari esok,” kata Bupati.

Ia mengapresiasi Kepala SMKN 1 Dawuan dan seluruh pembimbing atas karya yang telah diluncurkan. Menurutnya, hasil karya siswa-siswi SMKN 1 Dawuan ini menjawab kebutuhan kendaraan di masa depan.

“Dengan keberadaan SMK ini saya apresiasi semua pihak. Bangga saya dengan SMKN 1 Dawuan ini sudah banyak prestasi yang didapat termasuk karya kalian yaitu motor listrik. Tidak sia-sia menyekolahkan anak di sini,” jelasnya.

Bupati optimis kualitas lulusan SMKN 1 Dawuan akan mampu bersaing di dunia kerja dan wirausaha. Di tahun-tahun mendatang, SMKN 1 Dawuan akan terus berprestasi.

“Saya optimis dengan lulusan sekolah ini. Saat ini sampai level provinsi, insyaallah nanti sampai ke level internasional,” tegasnya.

Ia akan selalu mendukung kemajuan dunia pendidikan, termasuk dukungan dari pihak swasta sangat diperlukan demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Subang.

“Saya inginkan jangan sia-siakan kesempatan ini. Seluruh kepala desa, saya minta dukung sekolah ini karena anak cucu kita sekolah di sini. Saya akan follow up harapan kesepakatakan antara sekolah dengan perusahaan. Saya ingin PT Daenong, dengan profesionalisme, saya ingin adakan kesepatakan kerja sama menjadi pembimbing sekolah ini untuk mengawal kemajuan sekolah. Saya harapkan Daenong bisa menjadi bapak angkat SMKN 1 Dawuan,” ujarnya.

Untuk siswa-siswi SMKN 1 Dawuan, Bupati berpesan untuk gigih dalam menuntut ilmu karena ilmu adalah bekal menuju masa depan yang lebih baik karena Kang Jimat tidak ingin anak-anak Subang menjadi penonton di rumah sendiri.

“Bapak inginkan kalian adalah hari esok Subang. Dengan hadirnya industrialisasi, saya tidak mau kalian menjadi penonton karena tidak mampu bersaing. Harapan saya kalian sungguh-sungguh dalam mencari ilmu sebagai persiapan hari esok untuk kehidupan selanjutnya. Jangan sia-siakan kesempatan sekolah. Kepada orang tua, kita jangan sebatas negliat anak sudah berangkat sekolah, tapi harus betul diawasi,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Pemkab Subang akan terus berusaha mewujudkan hari esok Subang yang lebih baik.

“Kalau ke siswa kami inginkan kesungguhan dalam belajar, pengajar harus maksimal dalam mengajar, dan kami Pemerintah Daerah sedang menyiapkan infrastruktur untuk hari esok Subang yang lebih baik,” ungkapnya.(sir/red)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait