Divonis Hemodialisis, Ayah Satu Anak Ini Perawatan Cuci Darah Gunakan JKN

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Arif (31), peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah merasakan langsung manfaat dari hadirnya Program JKN. Ia sudah menjalani perawatan cuci darah selama tiga bulan terakhir dengan menggunakan kartu JKN sebagai penjamin biayanya.

“Dulu saya didaftarkan oleh perusahaan menjadi peserta JKN. Awalnya saya merasa biasa saja karena saya belum merasakan manfaatnya. Hingga akhirnya beberapa bulan lalu saya mengalami batuk, demam, sampai paling parah itu muntah darah. Akhirnya saya disarankan untuk cek darah dan ternyata saya harus melakukan cuci darah atau hemodialisis. Sejak itu saya merasakan manfaat kartu JKN yang luar biasa besar dalam hidup saya,” kata Arif.

Bacaan Lainnya

Ketika dirinya divonis harus menjalani cuci darah, Arif sempat merasa khawatir karena belum siap harus menjalani perawat tersebut seumur hidup. Ia juga takut membayangkan betapa besarnya biaya yang harus disiapkan untuk menjalani pengobatan tersebut.

“Ketika diberitahu bahwa saya dapat menjalani cuci darah dengan JKN, saya sangat senang. Alhamdulillah saya  bersyukur sekali karena biaya untuk cuci darah dua kali seminggu pastinya tidaklah sedikit. Saya tidak bisa membayangkan jika saya harus membayar biaya tersebut setiap kali berobat. Belum lagi harus bertemu dengan dokter spesialis penyakit dalam serta obat-obatan yang harus saya konsumsi secara rutin. Alhamdulillah semuanya ditanggung oleh Program JKN,” ujar ayah satu anak tersebut.

Di sisi lain, Arif juga merupakan seorang kepala keluarga yang harus bertanggung jawab dalam memberikan jaminan kesehatan yang pasti dan nyaman bagi keluarganya. Sebagai kepala keluarga, ia merasa harus memastikan seluruh anggota keluarganya memiliki jaminan kesehatan.

Apalagi kondisinya sedang sakit seperti sekarang, ia merasa hanya bisa memberikan jaminan kesehatan yang pasti dapat melayani keluarga dengan baik yaitu Program JKN.

“Alhamdulillah selama saya menjadi peserta JKN sudah banyak sekali manfaat yang saya, istri, dan anak-anak rasakan. Kami semua sudah pernah merasakan manfaat yang besar mulai dari rawat jalan hingga rawat inap apalagi saya yang rutin dua kali seminggu mendapatkan pelayanan hemodialisis. Saya berharap Program JKN dapat terus berjalan dan memberikan pelayanan terbaik bagi pesertanya,” ungkapnya.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait