Menjadi Peserta JKN, Eka : Sangat Banyak Manfaatnya

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Menjadi kepala keluarga memiliki tanggung jawab yang besar. Tidak hanya dalam memberikan nafkah kepada keluarga, namun juga dalam memberikan jaminan kesehatan demi melindungi anggota keluarga.

Hal ini pula yang diyakini oleh Eka (32), seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

“Saya sudah menjadi peserta JKN, didaftarkan oleh perusahaan tempat saya bekerja beserta dengan anggota keluarga saya. Alhamdulillah selama saya menjadi peserta JKN sudah banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh keluarga saya. Kami semua termasuk istri dan anak sudah pernah merasakan pelayanan rawat jalan hingga rawat inap,” kata Eka.

Sudah hampir seminggu Eka mengalami demam, sakit tenggorokan, dan lemas. Setelah diperiksa oleh dokter, ternyata Eka mengalami sakit tipes. Akhirnya ia diminta untuk menjalani rawat inap agar bisa dirawat secara intensif dan bisa segera kembali bekerja.

“Pastinya saya menggunakan kartu JKN dalam pengobatan saya. Alhamdulillah Program JKN sangat membantu saya sekeluarga. Banyak sekali biaya yang tidak perlu kami keluarkan berkat adanya kartu JKN, jadi bisa ditabung atau digunakan untuk keperluan primer lainnya,” katanya.

Dikatakan, istrinya pun pernah menjalani rawat inap ketika hamil. Menurut Eka, pelayanan yang mereka dapatkan sebagai peserta JKN di rumah sakit sangatlah baik. Tim medis yang melayani Eka beserta keluarganya sangat bersahabat dan tidak memberikan pelayanan yang berbeda dengan pasien lainnya.

“Yang saya senang menggunakan kartu JKN yaitu adanya kepastian, kita tidak pernah ditelantarkan. Sejauh pengalaman saya menggunakan kartu JKN ya seperti itu. Jika memang kamar hak kelas rawat inap saya sedang penuh, maka saya akan diinformasikan dengan baik- baik. Bahkan biasanya saya segera dicarikan kamar lainnya. Nanti jika sudah ada yang kosong, baru saya dipindahkan ke hak kelas rawat inap saya. Alhamdulillah semua proses berobat menggunakan kartu JKN selalu mudah. Demikian juga anak-anak sering berobat menggunakan kartu JKN, semuanya berjalan dengan baik dan lancar,” ungkapnya.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait