Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono meninjau langsung pelayanan SPKT, SKCK dan pelayanan di Satuan Lalu lintas (Satlantas), Selasa (22/11/2022). Hal ini merupakan salah satu bentuk tugas dan tanggungjawab dalam melakukan pengawasan kepada personil yang bertugas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
Kapolres didampingi Kabag Ops, Kabag SDM, Kasat Lantas, Kasiwas dan Paur Humas, meninjau setiap ruangan yang dipergunakan sebagai pelayanan pembuatan dan perpanjangan SIM sekaligus ingin memastikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan SIM berjalan lancar dan maksimal.
Dalam kesempatan tersebut Kapolres melakukan interaksi kepada pemohon SIM maupun SKCK, dengan humanis.Kapolres juga menyapa salah satu pemohon SKCK sekaligus menanyakan apakah ada kendala dalam proses pelayanan diPolres Karawang.
Dengan dilaksanakannya pengawasan terhadap sentra pelayanan Kepolisian, hal ini sejalan dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh personil Polri, untuk melaksanakan Program Quick Wins Presisi dengan Implementasi Perbaikan Interaksi Polisi dengan masyarakat, Penerapan Budaya Integritas Dan Anti Korupsi, dalam rangka menghilangkan budaya pungli, gratifikasi, transaksional dalam pelayanan publik.
“Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan lancar dan sesuai prosedur, sehingga masyarakat yang datang hendak Membuat SIM dan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dan mengambil Sidik Jari dapat dilayani dengan maksimal,” kata Kapolres.
Dengan pengecekan ini juga Kapolres dapat mengetahui secara langsung situasi, kondisi dan kesiapan personel dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Kapolres menekankan kepada para personel agar pelayanan kepada masyarakat selalu diutamakan, melayani masyarakat dengan 3 S (Senyum, Sapa, Salam) untuk mewujudkan Polri yang humanis dan dekat dengan Masyarakat. Tutupnya karena tugas pokok Polri adalah melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat dengan tulus dan ikhlas.
“Untuk memastikan pelayanan kepolisian berjalan dengan baik kepada masyarakat serta mengecek kelayakan fasilitas-fasilitas yang digunakan untuk melayani masyarakat. Hal itu juga telah dituangkan dalam konsep transformasi menuju Polri yang Presisi, pada bidang transformasi pelayanan publik,” ungkapnya.(jos/ops/sir)