Senyum Manis Warnai Wajah Ratna, Biaya Pengobatan Putrinya Ditanggung BPJS Kesehatan

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Senyum manis terlihat di wajah Raisa (8), seorang pasien thalassemia yang sedang menjalani pelayanan transfusi darah di rumah sakit pemerintah di Kabupaten Purwakarta.

Menurut pengakuan ibu Raisa, Ratna (43) yang saat itu turut menemani putri kesayangannya tersebut, Raisa sudah menjalani pengobatan thalassemia sejak berusia tiga bulan.

Bacaan Lainnya

“Sekarang kami sudah menjalani pengobatan thalassemia ini hampir delapan tahun. Kembali ke awal ketika saya diberitahu dokter bahwa anak saya terkena thalassemia  dan harus menjalani transfusi darah hati saya sangat hancur. Bagaimana tidak, anak seusia tiga bulan yang masih sangat kecil sudah harus menjalani berbagai pengobatan. Saya sangat hancur saat itu,” kata Ratna.

Beruntung Ratna telah bergabung menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sejak awal dibentuknya BPJS Kesehatan pada tahun 2014 lalu. Mengetahuinya, Ratna pun segera mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri.

“Pernah sebelumnya kami harus membayar sendiri karena belum menjadi peserta JKN. Biayanya terasa berat sekali, sekali pengobatan transfusi itu kami harus bayar dua juta rupiah waktu itu. Namun apapun kami lakukan untuk anak kami. Alhamdulillah sejak ada Program JKN, semua beban yang sangat berat itu kini setidaknya sudah menjadi lebih ringan karena seluruh biaya transfusi darah ini ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” katanya.

Diakui Ratna, putrinya Raisa kini dapat pergi ke sekolah dan bermain seperti anak-anak pada umumnya berkat bantuan dari pemerintah lewat Program JKN. Ratna pun berharap agar seluruh tim medis dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada anaknya dan anak-anak lainnya yang menderita thalassemia. Demikian pula dengan pemerintah dan BPJS Kesehatan, agar dapat terus menjalankan Program JKN dengan baik.

“Saya dan keluarga tidak bisa membayangkan jika tidak ada Program JKN, pengobatan ini mungkin tidak akan bisa kami lakukan. Raisa dapat berkumpul bersama teman-temannya, bermain dengan ceria dan bersemangat. Ini juga menambah semangat kami dalam menjalani hari-hari,” jelasnya.

“Alhamdulillah pelayanan yang kami dapatkan juga sangat baik. Kami dilayani oleh tim medis mulai dari dokter hingga perawat dengan sangat baik. Selain itu anak kami juga mendapatkan obat-obatan yang rutin dikonsumsi. Semuanya aman tanpa kendala apapun,” ungkapnya.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait