Pemkab Subang Sambut Pengelolaan Keuangan Daerah yang Lebih Akuntabel

  • Whatsapp

Jakarta, spiritnews.co.id – Dengan mengusung tema ‘Akselerasi Digitalisasi Transparansi Pemda dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Pengelolaan Keuangan Daerah  yang Lebih Akuntabel’, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto memimpin rapat koordinasi nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD), di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa, (6/12/2022).

Selain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Rakornas itu dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia Mahfud MD, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Gubernur Bank Indonesia, serta Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia. Salah satunya, Wakil Bupati Karawang, H Aep Syapulloh, SE dan Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi.

Bacaan Lainnya

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan, dalam akselerasi digitalisasi transparansi Pemda diperlukan kerjasama yang baik dalam mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang lebih akuntabel, sehingga terwujud optimisme yang ditunjang oleh kolaborasi berbagai pihak.

“Dunia memang bergejolak, sepanjang ada kerja sama dan kolaborasi antara pusat dan daerah, kita sambut 2023 dengan optimis dan tetap waspada,” kata Perry.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, mengatakan, Kemenkominfo sangat mendukung upaya menyukseskan P2DD guna menopang digitalisasi transaksi keuangan daerah secara optimal. Dukungan tersebut diberikan melalui gerak lintas direktorat.

“Sistem informasi P2DD ini ya terkait dengan kerja kolaborasi, di antaranya penyediaan domain website, yaitu p2dd.go.id dan kelola p2dd.go.id. Pemanfaatan pusat data nasional sementara di Kemenkominfo, pemanfaatan surat elektronik pemerintah, dan aplikasi-aplikasi,” kata Johnny.

Tidak hanya itu. Johnny juga menyebutkan, bahwa kementerian yang ia pimpin akan terus mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan sistem informasi P2DD, terutama terkait dengan layanan, seperti pusat data nasional, surat elektronik pemerintah, dan update sistem yang ada.

“Dalam menyambut era digital yang sekarang dan yang akan datang, mari bersama-sama kita sukseskan program percepatan dan perluasan digitalisasi daerah demi mewujudkan Indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju,” ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, mengapresiasi pemerintah daerah yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan P2DD di daerah masing-masing.

“Kita harap dengan dilaksanakannya P2DD ini mampu menekan inflasi dan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Karena digitalisasi merupakan target Indonesia setelah G20 ini.

“Karena Indonesia akan menjadi Ketua Asean Tahun 2023, yang mana akan menjadi contoh bagi negara lain,” kata Airlangga.(ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait