Aisyah Bahagia Biaya Persalinannya Ditanggung JKN

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Dikaruniai putra dan putri merupakan impian dari setiap pasangan. Tak terkecuali bagi Aisyah (25) dan suaminya. Beberapa waktu lalu, pasangan muda ini dikaruniai seorang anak. Raut kegembiraan tidak bisa disembunyikan dari wajah ayah dan ibu baru ini.

Aisyah menceritakan bagaimana pengalamannya ketika melahirkan dengan menggunakan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) miliknya.

Bacaan Lainnya

“Saya mendaftar menjadi peserta JKN saat saya mulai mengandung. Hal ini kami putuskan karena kami tahu biaya melahirkan sangat besar. Persiapan biaya melahirkan merupakan satu hal yang menjadi perhatian utama kami. Kami pun mendaftar menjadi peserta mandiri atau yang membayar sendiri karena kami tidak bekerja di perusahaan. Dengan rutin membayarkan iuran tiap bulan di kelas 3, saya dan suami sudah mendapatkan jaminan kesehatan. Dan benar saja, ketika saya melahirkan saya segera bisa mendapatkan manfaatnya,” kata Aisyah.

Aisyah bercerita bahwa ketika hendak melahirkan dirinya segera dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat karena ketuban sudah pecah dini dan airnya mulai keluar.

“Ketika sudah mendekati hari prediksi lahir, muncul tanda-tanda mau melahirkan, saya segera ke bidan. Ternyata ketubannya pecah dini. Suami dengan segera membawa saya ke rumah sakit, kami menunjukkan kartu JKN kami. Tanpa banyak kata para tim medis segera menyiapkan peralatan untuk melahirkan anak saya. Alhamdulillah saya dapat melahirkan dengan normal berkat kesabaran dan dorongan dari tim medis yang membantu saya saat itu,” katanya.

Sebagai pengguna kartu JKN, Aisyah juga mengaku bahwa seluruh biaya melahirkan yang telah dilaksanakan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh Program JKN. Merasakan sendiri manfaatnya yang begitu besar, Aisyah pun segera mendaftarkan buah hati kesayangannya sebagai peserta JKN sebagai bentuk perlindungan kesehatan yang terpercaya telah melindungi keluarganya.

“Saya tidak mengeluarkan biaya sedikitpun untuk melahirkan tersebut. Cukup dengan rutin membayar iuran keluarga saya secara rutin setiap bulannya, saya sudah mendapatkan manfaat yang begitu besar. Jika harus membayar dengan uang tunai sewaktu lahiran mungkin saya dan suami pusing juga. Untung ada Kartu JKN. Tak lupa selaian terima kasih ke BPJS Kesehatan, saya juga berterima kasih banyak kepada para tim medis yang sudah sangat sabar memberikan pelayanan dengan luar biasa,” ungkapnya.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait