Subang Kembali Raih Anugerah Meritokrasi ASN dengan Kategori “Baik”

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Dua tahun berturut-turut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang meraih Anugerah Meritokrasi Dengan Kategori “Baik”. Penghargaan itu diterima oleh Bupati Subang H. Ruhimat, pada acara Anugerah Meritokrasi Penyerahan Hasil Penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN Kepada Instansi Pemerintah Kategori “Sangat Baik” dan “Baik”, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis, (8/12/2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka apresiasi dan terima kasih atas komitmen dan dukungan dalam optimalisasi dan akselerasi penerapan Sistem Merit dalam Kebijakan dan Manajemen ASN di lingkungan Instansi Pemerintah, yang diselenggarakan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Bacaan Lainnya

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan  Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan, Merit Sistem sangat penting untuk diterapkan dan diupayakan oleh setiap instansi. Merit Sistem juga merupakan bagian dari pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang menjadi point utama dalam pembangunan bagi Presiden RI.

“Dengan SDM unggul dan sistem meritokrasi, menjadi kunci sukses untuk perubahan organisasi. Sesuai arahan presiden, reformasi itu harus berdampak. Arah kebijakan penataan kelembagaan sangat penting bagi kita untuk mereformasi birokrasi reformasi struktural agar lembaga semakin sederhana, semakin simple, semakin lincah,” kata Anas.

Kabupaten Subang berhasil meraih penghargaan sebagai Instansi Pemerintah Kabupaten/kota yang mampu menerapkan Sistem Merit dalam Manajemen ASN dengan skor 300 dan masuk kedalam kategori “Baik”. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Subang H. Ruhimat.

Bupati Subang berharap, birokrasi di Kabupaten Subang akan mampu lebih baik dimasa yang akan datang demi memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan harapan rakyat Subang.

“Saya optimis birokrasi di kabupaten subang akan lebih baik, ini yang menjadi harapan dari rakyat Subang,” kata Bupati.

Kepala BKPSDM Kabupaten Subang, Cecep Suprihatin, mengatakan, penghargaan meritokrasi dengan kategori “Baik” telah diraih Subang 2 tahun berturut turut.

Diakuinya, Anugerah Meritokrasi sendiri dinilai melalui 8 aspek manajemen ASN, yaitu perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta sistem informasi.

“Delapan aspek yang dinilai bukan hanya rotasi mutasi, tapi dari mulai perencanaan pengadaan sampai kepada sistem sistem informasi dan penghargaan ASN,” katanya.(red/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait