Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan merupakan salah satu terobosan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam menjangkau masyarakat dan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) hingga pelosok desa.
BPJS Kesehatan Cabang Karawang pun turut rutin menggelar MCS dengan berkeliling setiap harinya dari satu desa ke desa lainnya. BPJS Kesehatan Cabang Karawang hadir memberikan pelayanan MCS di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang.
“Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap hari dengan hadir di tengah masyarakat dan memberikan pelayanan Program JKN. Pelayanan di MCS tidak berbeda jauh dengan pelayanan yang diberikan di kantor cabang, bisa melayani seluruh urusan administrasi kepesertaan JKN yang diperlukan masyarakat. Namun, kelebihan dari layanan melalui MCS ini, masyarakat tidak perlu datang jauh-jauh ke kantor cabang, karena BPJS Kesehatan yang membawa pelayanan di wilayah tersebut,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Karawang,Yerry Gerson Rumawak.
Yerry juga berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan MCS dengan maksimal sehingga kebutuhan atas layanan publik masyarakat dapat terpenuhi. Tanggapan masyarakat atas hadirnya MCS juga tentunya sangat positif. Hal ini terlihat dari ramainya kunjungan masyarakat dalam setiap kehadiran MCS di desa mereka.
Rodiyat (29), seorang peserta JKN yang turut mampir dalam pelayanan MCS di Kecamatan Majalaya, menuturkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kehadiran MCS yang berkeliling ke berbagai lokasi di Kabupaten Karawang.
“Saya sangat senang bisa mengakses berbagai layanan kepesertaan Program JKN di sini tanpa harus datang jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan. Tadi juga saya diinfokan bahwa sekarang pelayanan bisa diakses melalui Whatsapp. Pastinya ini sangat memudahkan masyarakat terutama yang memiliki jarak rumah jauh dengan kantor BPJS Kesehatan. Apalagi, kita tahu Kabupaten Karawang ini kan sangat luas, alangkah baiknya saat kami tahu BPJS Kesehatan menghadirkan layanan jemput bola langsung ke daerah melalui MCS ini,” katanya.
Selain MCS, masyarakat juga bisa memanfaatkan keberadaan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) untuk menyelesaikan urusan administrasi JKN mereka. Melalui PANDAWA, peserta JKN cukup mengirimkan chat ke Whatsapp di nomor 08118165165 dan memilih pelayanan yang hendak diakses. Rodiyat pun berharap BPJS Kesehatan dapat terus meningkatkan pelayanan dan inovasinya sehingga masyarakat dapat menikmati kemudahan pelayanan Program JKN.(ybs/ops/sir)