Sadar Usia Enam Puluhan Tahun, Umar Daftar Jadi Peserta BPJS Kesehatan

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Umar (63), seorang warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat terlihat sedang menunggu antrean di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang. Ia datang untuk memperbarui data kepesertaan JKN-nya.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang jahit tersebut menuturkan bahwa dirinya baru saja satu bulan bergabung menjadi peserta JKN. Hal ini dilakukan Umar karena dirinya sadar bahwa dirinya sudah memasuki usia cukup berumur dan membutuhkan jaminan kesehatan yang pasti.

Bacaan Lainnya

“Memang sakit-penyakit sebetulnya tidak melihat usia. Usia muda juga bisa saja terkena sakit, apalagi saya yang sudah berusia ini. Makanya anak saya menyarankan agar saya segera memiliki jaminan kesehatan. Bulan lalu akhirnya saya didaftarkan menjadi peserta JKN. Saat ini kami mampu untuk membayar iuran kelas 3 peserta JKN. Yang penting iuran rutin dibayarkan tiap bulan, tidak menunggak agar kartu bisa aktif terus,” kata Umar.

Pada akhirnya, Umar pun memanfaatkan kartu JKN miliknya. Beberapa waktu belakangan Umar kerap merasa nyeri di bagian perut bawahnya, juga ketika hendak buang air. Ayah satu anak ini pun memeriksakan kondisinya ke Puskesmas dan ternyata dirinya terkena hernia.

“Hernia yang saya alami harus dilakukan operasi karena nyeri yang saya rasakan sudah cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Saya sudah menanyakan kepada tim medis apa-apa saja yang harus saya siapkan untuk menjalani operasi tersebut. Semoga nanti operasinya dapat berjalan dengan lancar. Saya yakin dengan kartu JKN saya tidak perlu khawatir lagi akan biaya operasi tersebut,” katanya.

Umar pun berkomitmen akan menjadi peserta yang patuh untuk rutin membayar iuran JKN. Umar juga mengajak peserta JKN lainnya agar melakukan hal yang sama demi keberlangsungan Program JKN.

“Program JKN ini adalah harapan saya dalam menjalani hari tua. Tentunya kita tidak ingin merepotkan anak-anak dengan biaya pengobatan yang sangat tinggi jika terkena sakit-penyakit. Saya percaya kartu JKN akan membantu saya ketika saya membutuhkan, yang penting kita paham prosedurnya,” ungkapnya.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait