Kampus Horizon Karawang Terjunkan Relawan dan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Didirikan dengan tujuan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi kaum muda Indonesia lewat pendidikan berkualitas yang terjangkau, bukan berarti hanya berkutat di dunia akademis semata.

Namun juga menggelar kegiatan bernafaskan kemanusiaan sebagai wujud dari kepedulian kepada masyarakat. Misalnya kabar duka berupa gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur langsung ditanggapi oleh Kampus Horizon Karawang dengan menerjunkan relawan dan mengirim bantuan secara langsung.

Bacaan Lainnya

Kampus Horizon Karawang yang memiliki komunitas HorizonEd Cares, langsung bergerak memberikan bantuan kepada korban terdampak bencana gempa di Cianjur. Dalam waktu relatif singkat, sebanyak 50 goody bag berisi; beras 5 kg, popok bayi, pembalut, air mineral, mie instan, tolak angin, sabun mandi, dan kebutuhan harian lainnya yang berasal dari manajemen Horizon Karawang telah disiapkan untuk korban gempa Cianjur.

“HorizonEd Cares merupakan komunitas yang terdiri dari mahasiswa kampus horizon (STIKes, STMIK, dan STIE) dimana mereka bisa ikut andil dalam segala tindakan yang ada kaitannya dengan Emergancy Response terhadap bencana atau fenomena alam yang terjadi di dalam atau luar kampus.

Selain itu, HorizonEd Cares juga berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang lain sebagai sarana bagi mahasiswa untuk melatih simpati dan kepedulian mereka terhadap sesama.

“Penyaluran bantuan tersebut dipastikan tepat sasaran karena info terkait lokasi perkampungan yang terdampak bencana gempa Cianjur tersebut didapat langsung dari salah satu mahasiswa STMIK yang kebetulan ketua BEM Horizon Karawang dan berasal dari Cianjur,” kata Fajar Ismoko, Head of CSDL Department Horizon Karawang.

Dikatakan, tanggal 10 Desember 2022 pihaknya dari staff dan mahasiswa relawan bersama staff Horizon Karawang membawa bantuan tersebut menggunakan 2 kendaraan roda 4 terjun langsung salah satu perkampungan yang terdampak gempa, dan menyalurkan sejumlah bantuan tadi ke tenda-tenda pengungsian.

Ke depannya kegiatan kemanusiaan akan terus dilakukan oleh Horizon Karawang. Untuk kegiatan penyaluran bantuan kepada korban bencana, Fajar tengah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memberikan bantuan kepada korban banjir Karawang.

Sebagai perwujudan bahwa Horizon Karawang akan selalu bersama masyarakat untuk mewujudkan impian kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia, maka berbagai kegiatan kemanusiaan tersebut akan melibatkan mahasiswa Horizon Karawang dari pendidikan kesehatan (D3 Kebidanan, D3, dan S1 Keperawatan serta Ners, informatika (S1 Informatika dan S1 Sistem Informasi) dan ekonomi (S1Manajemen dan S1 Akuntansi).

Kegiatan kemanusiaan sejatinya bukan hal baru bagi Horizon Karawang. Sejak tahun 2015, sudah rutin digelar kegiatan donor darah dengan target 100-200 kantong darah. Hanya pandemi Covid-19 pada tahun 2020-2021 lalu saja yang membuat kegiatan ini terpaksa dihentikan.

Untuk tahun ini kegiatan donor darah di Kampus Horizon Karawang kembali digelar bekerjasama dengan PMI Karawang dan Dinas Kesehatan Karawang pada tanggal 1 Desember 2022 lalu.(rls/red/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait