Mall Pertama di Kabupaten Bondowoso, Pembangunan Citiplaza Bangkitkan Perekonomian Masyarakat

  • Whatsapp

BONDOWOSO merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur dan terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Kabupaten Bondowoso berada di antara pegunungan Kendeng Utara dengan puncaknya Gunung Raung, Gunung Ijen dan sebagiannya di sebelah timur serta kaki pengunungan Hyang dengan puncak Gunung Argopuro, Gunung Krincing dan Gunung Kilap di sebelah barat.

Penulis : Mayang Titi Puspitasari 

Bacaan Lainnya

Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang

Sedangkan di sebelah utara terdapat Gunung Alas Sereh, Gunung Biser dan Gunung Bendusa. Kabupaten Bondowoso dapat dibagi menjadi tiga wilayah yaitu wilayah barat merupakan pegunungan (bagian dari Pegunungan Iyang), bagian tengah berupa dataran tinggi dan bergelombang, sedang bagian timur berupa pegunungan (bagian dari Dataran Tinggi Ijen).

Bondowoso juga merupakan kabupaten yang menyimpan berjuta keindahan wisata. Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi yaitu Kawah Ijen, Kawah Wurung, Air Terjun Tancak Kembar, Gunung Raung, Air Terjun Blawan, dan masih banyak lagi. Selain tempat wisata, Kabupaten Bondowoso juga memiliki kesenian yang bisa dinikmati seperti Singo Ulung, Tari Topeng Kona, Wayang Kattok, dan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, Kabupaten Bondowoso kini juga semakin maju dalam perekonomian karena mulai banyak usaha perdagangan yang berdiri. Tidak hanya UMKM warga Bondowoso yang berkembang, namun banyak usaha seperti dalam bidang makanan yang telah ada di Bondowoso saat ini seperti Pizza Hut, Es Teh Indonesia, Kopi Janji Jiwa, Burger Bangor, dan masih banyak lagi.

Selain berdirinya beberapa usaha makanan, Kabupaten Bondowoso juga kini memiliki pusat perbelanjaan atau yang biasa kita sebut sebagai Mall. Mall ini bernama Citiplaza yang terletak di Jalan Ahmad Yani No.84, Nangkaan, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso.

Citiplaza merupakan mall pertama dan akan menjadi wajah baru bagi Bondowoso sendiri. Beberapa store yang ada di Citiplaza diantaranya Matahari, Hyfresh, Gramedia, dan yang lainnya. Selain ada store besar yang buka, di dalam Citiplaza juga banyak UMKM warga Bondowoso yang ikut mengisi stand di Citiplaza.

Berdirinya Citiplaza di Bondowoso tentunya membawa pengaruh yang baik untuk Bondowoso sendiri. Dengan adanya Citiplaza, dapat menjadi tempat untuk menampung para warga khususnya warga Bondowoso sendiri yang memiliki UMKM, sehingga pengunjung yang dating ke Citiplaza tidak hanya melihat store yang ada, tetapi juga melihat UMKM dari masyarakat Bondowoso.

Selain itu, berdirinya Citiplaza dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten Bondowoso, karena Citiplaza dapat mengenalkan Kabupaten Bondowoso kepada masyarakat baik dari dalam maupun luar kabupaten.

Tidak hanya itu, dengan dibangunnya Citiplaza, maka dapat memanfaatkan lahan kosong menjadi tempat baru yang tentunya memiliki pengaruh yang besar bagi Kabupaten Bondowoso sendiri. Pembangunan Citiplaza ini juga memudahkan warga sekitar Kabupaten Bondowoso jika ingin berbelanja keperluan ataupun pakaian.

Oleh karena itu, pembangunan Citiplaza ini sangat bermanfaat bagi Kabupaten Bondowoso seperti meningkatkan pendapatan warga Bondowoso melalui UMKM yang berdiri, memanfaatkan lahan kosong menjadi tempat yang memiliki pengaruh besar, serta dengan adanya Citiplaza dapat mengenalkan Kabupaten Bondowoso kepada masyarakat luar Kabupaten Bondowoso.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait