Pentingnya Merk Dagang sebagai Penunjang Pengembangan Bisnis

  • Whatsapp

SAAT INI, persaingan pasar sangatlah bebas. Hal ini pula yang menuntut pelaku usaha untuk lebih kreatif dan saling bersaing dalam menjual juga memasarkan produknya. Perusahaan harus menciptakan strategi-strategi apa saja yang paling efektif dan efisien untuk mempertahankan produk yang ditawarkan agar digunakan oleh konsumen secara berkelanjutan.

Penulis : Fadilah

Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang

Maka dari itu suatu perusahaan perlu melakukan pengenalan terhadap merek dagangnya agar diketahui banyak pelanggan. Merk dagang adalah jenis kekayaan intelektual berupa nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk atau jasa tertentu, pemilik merk dagang dapat berupa individu, organisasi bisnis, atau badan hukum apapun.

Merk dagang dapat ditemukan pada kemasan, label, voucher, atau pada produk itu sendiri. Sebagai identitas perusahaan, merk dagang kerap dipajang di gedung-gedung perusahaan. Hal ini secara hukum diakui sebagai jenis kekayaan intelektual.

Menurut pasal 1 angka 1 (2) UU Merek (UU No.20 Tahun 2016 tentang Merek dan indikasi Geografis), merk dagang adalah merk yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang sejenis lainnya.

Merk digunakan untuk identitas suatu produk dan merk merupakan karakter atau kepribadian dari suatu perusahan. Pentingnya Merk Dagang pada produk akan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan untuk unggul dalam persaingan bisnisnya. Pasalnya banyak konsumen yang cenderung memilih produk dari brand yang dikenalnya.

Dengan hal tersebut dampak merk yang terkenal dapat meningkatkan pembelian produk dari suatu perusahaan. Merk Dagang dapat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Merk dagang dapat memberikan manfaat bagi produsen ataupun konsumen.

Manfaat merk untuk konsumen adalah nilai tambah yang diterima oleh konsumen itu sendiri, tak jarang konsumen membeli produk dengan merk yang mungkin sudah tidak asing bagi konsumen dengan harga yang lebih tinggi, konsumen bersedia membayar lebih tinggi suatu produk karena terdapat merk yang merupakan jaminan atas kualitas dan nilai produk yang ada didalamnya.

Manfaat bagi perusahaan, merk dagang yang dikenali oleh pelanggan dapat memberikan laba yang besar bagi perusahaan semakin banyak pelanggan yang mengetahui tentang merk dagang perusahaan semakin banyak penjualan yang dilakukan perusahaan dan akan semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

Di pasar global saat ini, sangat penting untuk perusahaan memiliki nilai pembeda dari kompetitornya. Dengan memliki merek yang kuat suau perusahaan akan terus eksis di dalam persaingan bisnis, hal tersebut perlu ditunjang dengan cara membangun merk (Rangkuti, 2012).

a. Memiliki positioning yang tepat

Merk dapat di-positioning-kan dengan berbagai cara, misalnya dengan menempatkan posisinya secara spesifik di benak pelanggan. Membangun positioning adalah menempatkan semua aspek dari brand value secara konsisten sehingga selalu menjadi nomor satu di benak pelanggan.

b. Memiliki brand value yang tepat

Merk merupakan salah satu elemen penting dalam pemasaran. Ia mengelompokkan merk sebagai salah satu elemen dalam pembentukan nilai. Yang dimaksud dengan memberi nilai kepada pelanggan dengan menguatkan pelanggan (manfaat) dari brand equity adalah dimana konsumen mampu untuk mendapatkan informasi secara benar dari produk untuk merk tertentu yang diinginkan.

Selanjutnya informasi yang didapat ini dijadikan suatu pegangan dalam proses pembelian sehingga konsumen tersebut mempunyai rasa percaya akan produk dari satu merk dan pada akhirnya akan tercapai suatu kepuasan konsumen terhadap produk tersebut.

c. Memiliki konsep yang tepat

Tahap akhir untuk mengkomunikasikan brand value dan positioning yang tepat kepada konsumen harus didukung oleh konsep yang tepat. Pengembangan konsep merupakan proses kreatif, karena berbeda dari positioning, konsep dapat terus menerus berubah sesuai dengan daur hidup produk yang bersangkutan.

Konsep yang baik adalah dapat mengkomunikasikan semua elemen-elemen brand value dan positioning yang tepat, sehingga brand image dapat terus menerus ditingkatkan.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait