Pengelolaan Pengeluaran yang Tepat adalah Kunci Manajemen Keuangan

  • Whatsapp

MANAJEMEN KEUANGAN adalah faktor paling penting dalam sebuah bisnis. Rincian aliran dana masuk dan keluar harus jelas dan benar agar keuangan stabil dan mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang diinginkan. Dengan manajemen keuangan yang baik, bisnis akan bisa terus berjalan dan beroperasi.

Penulis : Bellin Nafila Maulidiya

Bacaan Lainnya

Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang

Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana manajemen keuangan yang baik seperti pengelolaan biaya, anggaran yang digunakan, pemasukan dan khususnya pengeluaran. Peran laporan keuangan adalah hal yang sangat penting karena akan mempengaruhi keberlangsungan bisnis tersebut.

Pengelolaan Pengeluaran adalah pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan selama operasi bisnis berjalan. Disini kita akan mengetahui biaya apa saja yang termasuk dalam pengeluaran peusahaan. Biaya dalam laba rugi perusahaan meliputi biaya administrasi, gaji karyawan, biaya iklan, serta pengeluaran lainnya.

Tujuan utama dari audit siklus pengeluaran adalah agar perusahaan dapat meninjau pengeluaran perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Beberapa perusahaan mungkin membuat pengeluaran yang tidak memiliki dasar, tujuan, atau tanggung jawab.

Untuk mengamankan semua kemungkinan ini, diperlukan audit siklus pengeluaran agar para pihak merujuk siklus pengeluaran perusahaan sebagai fungsi atau sejenisnya.

Contoh kasus siklus pengeluaran yang dapat diaudit adalah pembayaran tunai, pembelian, aset tetap, aset tetap, dan pembayaran hutang. Kegiatan siklus pengeluaran melibatkan pemesanan barang, perbekalan dan jasa.

Adapun beberapa fungsi dari siklus pengeluaran adalah Fungsi pertama dari siklus pengeluaran yaitu untuk memesan perbekalan atau perbekalan. Keputusan kunci yang dibuat pada tahap ini menentukan apa yang akan dibeli, kapan dan berapa banyak yang harus dibeli, dan pemasok mana yang akan dibeli.

Fungsi kedua dari siklus konsumsi adalah penerimaan dan penyimpanan barang pesanan. Departemen penerimaan barang bertanggung jawab untuk memeriksa dan menerima kiriman dari pemasok.

Fungsi ketiga dari siklus biaya adalah menerima faktur penjualan dari pemasok untuk pembayaran. Hutang Usaha menerima faktur penjualan untuk pembayaran dan kasir bertanggung jawab untuk memproses pembayaran.

Oleh karena itu kita sebagai calon pengusaha yang akan membangun bisnis harus mengetahui langkah apa saja yang perlu dipersiapkan agar bisnis yang dibangun berjalan dengan baik dan mendapatkan pendapatan atau laba yang sesuai dengan yang diinginkan. Dengan begitu kita bisa sedikit banyak menghidari permasalahan yang akan terjadi.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait