Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono Bantu Pulangkan PMI Asal Desa Sukamakmur ke Tanah Air

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Belum lama setelah menjalani operasi caesar, pada 20 Agustus 2022, Lidyawati berangkat ke Arab Saudi menjadi pekerja migran Indonesia (PMI). Lidyawati harus bekerja sekuat tenaga dengan menahan rasa sakit, bekas operasi caesar.

Dengan kondisi berat yang dialami warga Kampung Pasirpanggang, Desa Sukamakmur, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat itu, Lidyawati terpaksa mengadukan nasibnya ke Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, melalui aplikasi Lapor Pak Kapolres.

Bacaan Lainnya

“Kami mendapatkan informasi melalui aplikasi Lapor Pak Kapolres langsung dari Lidyawati. Lalu kami respon cepat dengan memberikan informasi ke berbagai pihak,” kata Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, menggelar silaturahmi dengan sejumlah elemen masyarakat di Mapolres Karawang, Selasa (3/1/2023.

Pada kesempatan ini, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono mengelar silaturahmi sekaligus pamit karena akan pindah tugas menjadi Kapolres Cimahi, Polda Jawa Barat.

“Awalnya ada (pesan) WA ke Lapor Pak Kapolres dari ibu Lidyawati bahwa ia sakit karena baru saja menjalani operasi caesar sebelum berangkat ke Arab Saudi,” kata Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono.

Diakuinya, Lidyawati sering mengalami sakit karena luka bekas operasi caesar. Dengan kondisi itu, Lidyawati ingin pulang ke tanah air. Namun majikannya tak memberikan izin karena belum enam bulam bekerja. Perusahaan jasa pengiriman tenaga kerja Indonesia yang menyalurkan Lidyawati juga tidak memberikan respon yang baik.

“Setelah mendapat informasi itu, saya menghubungi Atase Kepolisian RI di Riyadh. Saya juga menghubungi Bareskrim Polri,” katanya.

Selang beberapa waktu, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menerima pesan dari Bareskrim Polri dan Atase Kepolisian RI di Riyadh bahwa Lidyawati bisa dipulangkan ke tanah air. Lidyawati akhirnya pulang ke Indonesia pada 15 Desember 2022 lalu.

“Saya gak nyangka juga bisa dipulangkan,” kata Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono sambil menangis.

Sebenarnya, kata Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, ada beberapa orang PMI yang juga melapor kesulitan pulang ke tanah air. Misalnya PMI di Irak dan Suriah.

Pada acara silaturahmi itu, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder dan masyarakat Kabupaten Karawang atas sinergi selama ia bertugas di Karawang.

“Saya sedih senang campur aduk. Saya gak tahu mau bilang apa. Karena selama satu tahun di Karawang ada sejuta pembelajaran yang saya dapat, ada sejuta kenangan,” ungkapnya.(jos/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait