Modal Belum Tentu tentang Uang

  • Whatsapp

BISNIS dengan produksi produk sendiri bukan untuk semua orang. Ada orang yang lebih senang berkreasi dan membuat karya untuk kemudian dijual. Ada juga yang tidak punya kesabaran untuk mengembangkan produk, akhirnya memilih untuk berdagang yang bisa lebih cepat berputar dan mendapatkan untung.

Penulis : Mareta Della Damayanti

Bacaan Lainnya

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Apa pun cara berbisnis yang kamu pilih, ingat satu hal. Modal usaha belum tentu tentang uang. Modal usaha untuk bisnis itu bisa berupa tenaga, pikiran, relasi, dan informasi. Kamu punya tenaga untuk produksi dan antar barang ke customer, ya itu modalmu. Contohnya seorang pengusaha melakukan hal yang sama sepuluh tahun yang lalu ketika memulai berbisnis. Dia produksi dan juga antar barang.

Modal pikiran juga penting, kalau tidak bisa berpikir jerni dan cerdas, bisnismu bisa berantakan. Tidak ada visi ke depan, tidak ada strategi yang dijalankan. Kesalahan yang sering dilakukan pebisnis pemula adalah mikir uang terus. Jangan terlalu stres untuk mikir bagaimana mendapatkan uang lebih banyak dengan jualan yang kamu punya. Padahal uang itu cuma sumber daya.

Jangan pelit-pelit untuk mengeluarkan sumber daya. Semakin menahan-nahan mengeluarkan sumber daya, semakin seret bisnismu. Itu kenapa di awal bisnis dia selalu jorjoran melakukan pemasaran. Dia pikir, pemasaran sangat efektif untuk mendatangkan pelanggan. Namun, kualitas pelayananlah yang membuat pelanggan itu datang kembali. Sering-seringlah mengeluarkan uang untuk bisnis, yaitu kalau biaya yang sudah dikeluarkan bisa mendatangkan kembali pemasukan yang lebih besar.

Bagaimana kalau tidak punya uang ? Ya, gunakan apa yang kamu punya. Kamu punya teman? Gunakan pertemananmu untuk mengembangkan usaha. Bukan berarti minta uang ke temanmu ya. Namun bisa ceritakan bisnismu dan berikan produk pada temanmu. Itu juga bagian dari promosi yang bisa saja mendatangkan pembeli. Datang ke teman tidak selalu saat butuh uang kan ?

Kalau kamu tau orang tuamu punya jejaring yang cukup berpengaruh, kamu bisa minta bantuan untuk diperkenalkan. Jejaring juga bisa jadi modal usaha yang penting yang sering kali kita butuh uang. Kamu bisa gunakan reputasi dan kemampuan untuk membantu jejaring yang baru kamu dapatkan. Dengan begitu, usahamu juga akan berkembang seiring kamu mulai di kenal di lingkungan baru.

Masih cari alasan lagi untuk tidak berbisnis karena masalah modal? Itu tandanya kamu tidak kreatif, dan orang yang tidak kreatif lebih baik bekerja kotoran saja. Lebih enak dan uangnya banyak kok.

Selain relasi modal yang paling utama saat bisnis sebenarnya adalah reputasi. Tanpa reputasi tidak akan bisa melakukan apa pun pada bisnis. Berkat reputasi, akan tetap dikenal oleh lingkunganmu.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait