Pemanfaatan Online Shop Demi Mewujudkan Kesejahteraan Pelaku UMKM

  • Whatsapp

ONLINE SHOP adalah proses transaksi secara digital seperti distribusi, pelayanan, penjualan, pembelian secara online, dengan kata lain transaksi ini menggunakan kemudahan internet untuk beraktivitas usaha. Serta masih banyak kemungkinan inovasi terbaru dari penggunaan online shop.

Penulis : Fara Dita Yulanda Putri

Bacaan Lainnya

Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan tertinggi dalam membangun perekonomian Indonesia. UMKM mampu bertahan ditengah indonesia yang hampir mengalami krisis dengan memanfaatkan sumberdaya lokal, sumber daya manusia (SDM), bahan baku yang ada di lingkungan sekitar.

Ada banyak terobosan yang bisa didapatkan dari berkembangnya teknologi pada saat ini, salah satunya ialah kemudahan berbelanja di mana dan kapan saja dan bisa diakses oleh semua kalangan, layanan online shop adalah aktivitas yang sering kita jumpai hari ini. Yang dulunya kita semua ketika melakukan transaksi harus bertatap muka secara langsung kini dipermudah hanya melalui gadget dan perangkat internet lainnya.

Beberapa faktor yang mendukung online shop terus berkembang adalah keberadaan internet yang diakses oleh semua kalangan. Dengan cara mengetik barang yang ingin dibeli atau mencari web toko online semua sudah beres. Di berbagai sosial media kita juga sering menjumpai toko online yang sangat murah dengan berbagai banyak barang yang dijual.

Semenjak ada online shop minat generasi muda dalam berwirausaha tentu sangat meningkat secara drastis, faktor kepraktisan dalam melakukan aktivitas jual beli membuat bisnis tersebut terus meningkat prospeknya dari tahun ke tahun.

Peluang besar yang sangat menjanjikan dari bisnis tersebut membuat peminat wirausaha meningkat drastis karena usaha ini tidak harus terikat dengan perusahaan besar dan dapat dilakukan secara mandiri.

Lebih dari itu bisnis ini membuat jejaring sosial lebih luas antara penjual dan pembeli, tentu peluang tersebut sangat bagus jika dibuat untuk pengembangan UMKM.

Online shop memberi efek yang sangat baik bagi pengusaha UMKM, produktivitas kerja meningkat dengan cepat begitu juga dengan penghasilan yang didapat setiap bulan, harapannya pemerintah memberikan sosialisasi dan pelatihan secara berkelanjutan kepada pelaku UMKM yang ada agar SDM mampu untuk menghadapi tantangan dan mampu bersaing dalam bisnis online sehingga berdikari secara ekonomi terwujudkan dengan semestinya.

UMKM hari ini banyak sekali menciptakan lapangan kerja baru, UMKM mempunyai fleksibilitas kerja yang mudah dibandingkan dengan perusahaan besar , UMKM diharapkan memberikan kontribusi yang positif terhadap berbagai problematik perekonomian indonesia.

Saat ini UMKM harus berevolusi lebih jauh yang dulunya hanya menyediakan toko secara offline sekarang juga harus bisa memanfaatkan media online sebagai tempat transaksi jual beli. Warga negara indonesia hari ini lebih suka menggunakan media online untuk melakukan transaksi karena lebih mudah, maka dari itu UMKM agar tetap bertahan harus bisa mengikuti perkembangan zaman.

Online shop hari ini tidak hanya digunakan oleh masyarakat kota besar saja, namun sudah masuk ke seluruh pelosok desa, hari ini handphone dan perangkat internet lainnya pun sudah banyak memasuki desa sehingga pengenalan online shop UMKM lebih mudah, karena di dalam online shop terjadi kerja sama antara pekerja UMKM dan pemilik ecommerce. Lebih dari itu dengan media online kita bisa mengenalkan UMKM yang dimiliki oleh masyarakat sekitar kita ke seluruh penjuru dunia.

Efektivitas penggunaan online shop di segala bidang tentu masih perlu banyak terobosan, ada beberapa hal untuk meningkatkan pembangunan ekonomi UMKM dengan cara mengembangkan platform lokal yang bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan produk lokal kemudian pendampingan Dinas Koperasi kepada UMKM daerah dan meningkatkan pelaku UMKM lebih proaktif untuk melakukan transaksi jual beli baik secara offline maupun online.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait