Mengenali Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023

  • Whatsapp

TIDAK BANYAK yang tau apa sih Resesi Global itu dan seberapa besar dampak nya pada kita nanti. Secara garis besar pengertian resesi yaitu sebuah keadaan ekonomi yang berdampak secara global dimana ekonomi tersebut mengalami deselerasi dan penurunan.

Penulis : Septiana Nur Hanggita

Bacaan Lainnya

Mahasiswi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang

Menurut International Monetary Fund, bahwa resesi global merupakan keadaan inflasi Produk Domestik Bruto (PDB) dunia berdasarkan indikator ekonomi makro dunia, termasuk populasi pengangguran, arus modal, produksi dalam industri, konsumsi minyak dunia, dan perdagangan saham.

Ketika resesi global berlangsung, keadaan negara-negara maju nantinya menghadapi kontraksi yang dalam, dan dampak perekonomian bagi negara-negara berkembang kelak melambat seketika. Perdagangan saham mengalami penurunan dengan cepat.

Kenapa sih pemahaman resesi global itu penting ? Karena dengan kita memahami apa itu resesi global mulai dari sekarang kita bisa tau apa yang harus kita lakukan ke depan nya atau kita juga bisa mengantisipasi mulai dari sekarang.

Bisa dilihat dari keadaan ekonomi jika terjadi resesi global akan adanya penurunan drastis ekonomi yang sedang berlangsung selama berbulan-bulan dan bahkan bisa juga sampai bertahun-tahun.

Dampak resesi yaitu yang dirasakan masyarakat Indonesia terhadap pengaruh resesi yaitu melemahnya nilai tukar rupiah, harga barang-barang yang akan terus naik, semakin banyak pengangguran hingga sampai turunnya daya beli masyarakat dan nantinya bisa menyebabkan cash flow dalam suatu perusahaan terlambat.

Karena itu yang terkena dampak imbas nya yaitu para karyawan dan buruh. Selain itu juga, dampak bagi pemerintah juga cukup berat ketika kondisi ini terjadi tentunya angka pengangguran akan meningkat dan pemerintahan akan dituntut untuk membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya.

Penyebab terjadinya resesi global dalam ekonomi yaitu utang yang berlebihan, terlalu banyak inflasi, terlalu banyak deflasi, perubahan teknologi, dan guncangan ekonomi secara mendadak sehingga menimbulkan permasalahan keuangan yang sangat serius. Contoh nya seperti yang sudah terjadi beberapa tahun yang lalu yaitu akibat pandemic Covid-19 yang melanda dunia.

Ketika terjadi resesi global apa sih yang harus kita lakukan ? Jadi setelah saya baca beberapa sumber, ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk menghadapi resesi global 2023 yaitu mengatur ulang dana yang dikeluarkan, contoh :

  1. Mengurangi layanan streaming film dan sering yang jarang di gunakan.
  2. Kedua yaitu mengurangi atau melunasi utang.
  3. Siapkan dana darurat. Jika sudah melakukan hal tersebut maka tingkatkan jumlah dana darurat yang harus bisa mencukupi kebutuhan sebanyak kurang lebih 3 sampai 6 bulan ke depan.
  4. Mencari sumber pendapatan lain, namun jangan sampai pekerjaan sampingan yang diambil mengganggu pekerjaan utama.

Selain itu kita juga harus berinvestasi seperti asset likuid dengan risiko yang rendah dan aman, pilihannya antara lain yaitu asset pasar uang, reksadana dan obligasi pemerintah.

Dan yang terakhir adalah asuransi karena untuk menghadapi resesi , kita bisa berjaga diri dengan memiliki asuransi Kesehatan atau asuransi jiwa, jika suatu saat sakit dan sudah memiliki asuransi Kesehatan atau jiwa, kita tidak perlu khawatir harus menggunakan dana tabungan atau malah menambah beban finansial keluarga.

Walau banyak isu terkait dengan isu resesi global 2023 kita harus tetap tenang dan jangan lupa melakukan hal yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi kejadian tersebut jika nanti akan terjadi kita sudah punya persiapan mulai dari sekarang.

Selain itu kita juga bisa memberitahukan informasi tentang resesi global ini ke saudara, keluarga, teman atau orang-orang terdekat kita agar tidak hanya kita yang mengantisipasi terjadinya resesi global ini tetapi juga orang-orang terdekat kita.

Berdasarkan yang sudah dijelaskan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman tentang resesi global mulai sekarang sangatlah diperlukan dan penting karena bisa dilihat dari ancaman yang akan datang jika benar terjadinya resesi ekonomi global 2023. Semoga dapat menambah wawasan bagi yang membaca terima kasih.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait