KIIC Luncurkan Program Plastic to Food sebagai Wujud Kepedulian Terhadap Kebersihan Lingkungan

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, KIIC Karawang bekerjasama dengan Sinar Mas Land dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri), membentuk program inisiatif peduli sampah plastik melalui Corporate Social Responsibility (CSR) bernama Plastic to Food di sekitar kawasan industri KIIC Karawang.

Kegiatan seremonial yang digelar di Dusun Kiarajaya, Desa Margamulya, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, ini merupakan salah satu lokasi yang dijadikan sebagai Pilot Project dalam program Plastic to Food.

Bacaan Lainnya

External Division Head KIIC, Bambang Sugeng, mengatakan, program plastic to food ini menjadi salah satu dari program CSR Kepedulian Pelestarian Lingkungan.

“Berkolaborasi dengan Chandra Asri Petrochemical (CAP), KIIC mengajak masyarakat untuk bijak mengelola sampah plastik, sekaligus merupakan kontribusi sosial perusahaan dalam rangka peningkatan ketahanan pangan masyarakat,” kata Bambang, di Karawang, kepada wartawan, Jumat (03/02/2023).

Dikatakan, setelah dilakukan sosialisasi program Plastic to Food ini, pada tanggal 20 Juni terbentuk Bank Sampah “Sumber Rejeki” yang dapat menampung sampah plastik rumah tangga dari masyarakat sebanyak 500 kg dalam waktu kurang lebih 6 bulan.

Director of Legal, External Affairs, and Circular Economy Chandra Asri, Edi Rivai, mengatakan, pihaknya ingin mendorong pemilahan sampah dari sumber dengan cara mengedukasi masyarakat agar bijak mengelola sampah rumah tangga khususnya sampah plastik. Disebut Plastic to Food karena satu kilogram sampah plastik terpilah yang dikumpulkan warga dapat ditukarkan dengan satu kilogram beras.

“Kami senang dapat bermitra dengan KIIC dalam menyebarkan semangat peduli lingkungan dengan mendorong partisipasi masyarakat untuk memilah sampah dari sumber dan mendukung terwujudnya ekonomi sirkular yang berprinsip mengurangi timbunan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” kata Edi.

Sebelumnya pilot project Plastic to Food SML dan Chandra Asri berhasil menyalurkan + 1,4 ton beras untuk warga Dusun Cicayur, Tangerang Selatan, yang sesuai dengan akumulasi jumlah plastik yang telah terkumpul.(ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait