Pernah Jadi PL KB, Bupati Subang Bagikan Ratusan Kendaraan Operasional kepada Kader Pos KB Desa

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Ratusan Pos Keluarga Berencana (KB) Desa di Kabupaten Subang, Jawa Barat mendapatkan kendaraan operasional berupa sepeda motor dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang, Jumat (31/3/2023).

Para Pos KB Desa yang sudah aktif hingga puluhan merasa bangga dan senang dengan kepemimpinan Bupati Subang H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat, karena baru tahun ini ada perhatian khusus dari Pemkab Subang sehingga mendapatkan kendaraan operasional.

Bacaan Lainnya

Kendaraan operasional tersebut langsung dibagikan Bupati Subang H. Ruhimat di Pendopo Abdul Wahyan, Rumah Dinas Bupati Subang. Adapun kendaraan yang dibagikan itu adalah sebanyak 104 kendaraan roda dua diserahkan secara simbolis kepada tiga perwakilan yaitu  Pos KB Desa Sumurgintung Kecamatan Pagaden Barat, Pos KB Desa Kasomalang Wetan Kecamatan Kasomalang, dan Pos KB Desa Kotasari Kecamatan Pusakanagara. Sedangkan 101 motor lainnya dibagikan di Aula Kecamatan Subang.

Kepala DP2KBP3A Subang, Dra. Nunung Suryani M.Si, mengatakan, total bantuan kendaraan operasional roda dua yang akan diserahkan oleh Pemkab Subang kepada Pos KB Desa ini sebanyak 205 kendaraan.

“Penyerahan kendaraan operasional roda dua kepada Pos KB Desa ini merupakan wujud nyata dukungan Pemkab Subang untuk meningkatkan program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Subang untuk mewujudkan Subang Jawara,” kata Nunung.

Dikatakan, Pos KB Desa se-Kabupaten Subang seperti mendapat durian runtuh dengan diserahkannya bantuan kendaraan operasional roda dua ini sebagai bentuk apresiasi Pemkab Subang.

Diakuinya, di Indonesia baru Kabupaten Subang yang memberikan perhatian khusus kepada Pos KB Desa. Hal ini tidak terlepas dari kecintaan Bupati Subang H. Ruhimat kepada Pos KB Desa. Oleh karena itu, Pos KB Desa se-Kabupaten Subang harus semakin meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat.

“Di Indonesia, baru di Subang Pos KB Desa diberikan bantuan kendaraan operasional. Luar biasa sekali Pak Bupati. Mudah-mudahan meningkatkan kinerja dan semangat Pos KB Desa Kabupaten Subang dalam membina masyarakat di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

“Langkah Pos KB Desa akan semakin cepat dan jauh dengan adanya kendaraan opersional ini. Motor ini bukan harus dibayar oleh uang, tetapi dengan kinerja yang lebih baik untuk menyukseskan Program Subang Jawara,” tambahnya.

Bupati Subang H. Ruhimat yang akrab disapa Kang Jimat, mengatakan, pembagian bantuan kendaraan roda dua dilaksanakan secara bertahap karena banyaknya kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi.

“Maaf kepada Pos KB Desa karena demikian berat tugas yang dijalankan, tapi tidak sepadan dengan apa yang didapat. Tapi saya percaya petugas Pos KB Desa berpikir untuk bermanfaat bagi orang lain. Maaf belum bisa tuntas tahun ini. Tahun depan insyaallah terpenuhi semuanya. Yang belum kebagian insyaallah tahun depan,” kata Kang Jimat.

Pemberian bantuan kendaraan operasional ini, kata Kang Jimat, dilatarbelakangi karena dia memaham kesulitan dan tantangan kader Pos KB Desa dalam melaksanakan tugasnya. Sebab, dulu Kang Jimat pernah menjadi PL KB.

“Kalau Bupati Subang kebetulan sangat paham dan tahu betul tugas Pos KB Desa yang sangat istimewa dan banyak sekali. Untuk meningkatkan semangat kerja sehingga kami memberikan dukungan pada Pos KB Desa yang tupoksinya multifungsi karena sampai paham setiap warga yang ada di wilayahnya. Saya ini mantan PL KB sehingga sangat menjiwai kerja Pos KB Desa,” kata Kang Jimat.

Kang Jimat berharap Pos KB Desa mampu menjadi jembatan komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah sehingga arah kebijakan yang dilaksanakan sesuai dengan keinginan masyarakat.

“Mudah-mudahan dari berbagai aspek program pemerintah dapat disampaikan oleh Pos KB Desa kepada warga binaan masing-masing. Demikian aspirasi rakyat bisa disampaikan melalui Pos KB Desa. Jadi Pos KB menjadi jembatan antara pemerintah dengan rakyat,” jelasnya.

Ketua Forum Pos KB Desa Kabupaten Subang, Rani Suryani S.IP, mengaku sangat bahagia atas bantuan dari Bupati Subang kepada Pos KB Desa se-Kabupaten Subang. Semoga para kader Pos KB Desa dapat semakin meningkatkan kinerjanya.

“Saking bangga dan bahagia. Senang pak, saya sudah jadi Kader Pos KB dari tahun 1989 baru kali ini dapat motor. Para Pos KB di Kabupaten Subang sebanyak 243 Pos KB Desa adalah kekuatan kami dan hari ini perhatian bagi Pos KB bahkan sub Pos KB mendapat honor di jaman Kang Jimat. Banyak terima kasih kepada Kang Jimat kami akan meningkatkan kinerja dan pelayanan,” kata Rani.(ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait