Kendaraan Pemudik Meningkat, Kapolri : Arus Mudik 2023 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Aman

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Peninjauan  langsung kondisi arus mudik oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mulai dari wilayah Tangerang hingga Jalan Tol Jakarta – Cikampek, Rabu (19/4/2023) malam.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengatakan, volume kendaraan arus mudik pada malam hari ini akan terus mengalami peningkatan. Dan prediksi diperkirakan masih ada sekitar 40 sampai 50 persen kendaraan pemudik yang akan bergerak melalui Tol Cikampek hingga Kalikangkung.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data, arus mudik pada tahun 2023 ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan pada 2022 lalu. Peningkatan mulai terjadi sejak H-8 sampai dengan H-4 Lebaran 2023.

“Kondisi terkini situasi lalu lintas sepanjang jalur mulai Tangerang kita liat sampai dengan yang akan mengarah Cikampek. Kalau kita lihat dari gambaran yang ada, masih terlihat adanya kepadatan yang akan masuk ke wilayah Cikampek,” ujar Kapolri didampingi Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

Dan prediksi diperkirakan masih ada sekitar 40 sampai 50 persen kendaraan pemudik yang akan bergerak melalui Tol Cikampek hingga Kalikangkung.

Berdasarkan data, Sigit memaparkan arus mudik pada tahun 2023 ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan pada 2022 lalu. Peningkatan mulai terjadi sejak H-8 sampai dengan H-4 Lebaran 2023.

Dari hasil data terjadi lonjakan yang luar biasa bahkan pada  H-3 sampai tadi jumlahnya, sudah melebihi separuh jumlah kemarin di jam yang sama. Artinya ada prediksi H-3 nanti akan lampaui jumlah puncak tertinggi di H-3.

Kapolri  menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk menyiapkan kebijakan rekayasa lalu lintas demi bisa mengurai serta mengantisipasi terjadinya kemacetan arus mudik. Sigit mengatakan keputusan penerapan kebijakan rekayasa lalu lintas baik One Way hingga Contraflow harus disiapkan sesuai dengan kondisi arus lalu lintas yang sewaktu-waktu bisa berubah.

Kapolri menegaskan kepada personel kepolisian yang bertugas di jalur arteri atau non-Tol juga mempersiapkan kebijakan rekayasa lalu lintas demi mencegah maupun mengurai kemacetan yang terjadi.

Dirinya juga kembali menekankan kepada seluruh personelnya untuk menyampaikan informasi atau sosialisasikan kepada masyarakat secepat mungkin apabila dilakukan rekayasa lalu lintas. Dia minta minimal masyarakat diinfokan satujan sebelum penerapan rekayasa lalin dilakukan.(rls/red/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait