Penanaman Pohon Mangrove di Pantai Sedari, Presiden RI Apresiasi TNI-Polri

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Dalam rangka penghijauan hutan mangrove di pesisir Kabupaten Karawang, Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono melaksanakan penanaman mangrove di Taman Mangrove Dusun Neglasari, Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (15/5/2024).

Program dilaksanakan serentak secara Nasional dan vicon di lokasi penanaman mangrove dengan Presiden RI Joko Widodo.

Bacaan Lainnya

“Penamanan mangrove ini merupakan lokasi yang pantainya sering terjadi rob air laut. Karena itu kegiatan penanaman penghijauan merupakan salah satu langkah pencegahan demi mewujudkan dan menyelamatkan alam di pantai Desa Sedari,” kata

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono melalui Kasi Humas Polres Karawang Ipda Herawati, kepada wartawan di Karawang.

Menurutnya, penanaman pohon mangrove ini sebagai bentuk kepedulian TNI-Polri dan unsur terkait lainnya terhadap lingkungan yang merupakan instruksi Presiden. Sebagai antisipasi terjadinya abrasi di kawasan wisata pantai, sehingga pohon mangrove lebih diperbanyak lagi.

Selain sebagai program penghijauan dan mencegah abrasi, kata Ipda Herawati, penanaman pohon mangrove ini juga nantinya sebagai tempat berkembangnya ekosistem laut.

“Banyak manfaat dari pohon mangrove ini, menjadi solusi dalam mencegah abrasi, mencegah intrusi air laut, abrasi dan erosi pantai juga menjadi sumber makanan sejumlah fauna dan biota laut,” katanya.

Dikatakan, ada sebanyak 1,1 juta bibit pohon mangrove ditanam di Taman Mangrove Dusun Neglasari, Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya ini. Penanaman ini melibatkan unsur TNI-Polri dan Muspida.

“TNI-Polri mendapatkan apresiasi dan ucapan terimakasih dari Presiden, karena sudah melakukan tugas secara optimal dalam penanaman pohon mangrove ini,” ungkapnya.(jos/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait