Polres Karawang Tugaskan 657 Personil Jadi Polisi RW

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat melaunching Polisi RW (Rukun Warga) yang dihadiri Gubernur Jawa Barat Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil dan Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto, Senin (15/5/2022).

Launching tersebut dilakukan secara virtual di Gedung Sate Bandung. Sedangkan Polres se-Jawa Barat, launching Polisi RW ini dipimpin oleh kapolres masing-masing. Seperti di Kabupaten Karawang, launching Polisi RW ini dipimpin Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, di Lapangan Apel Mapolres Karawang.

Bacaan Lainnya

Launching Polisi RW ini diikuti Polisi RW, baik Polres maupun Polsek jajaran serta perwakilan masing-masing ketua RW se-Kabupaten Karawang. Polisi RW ini merupakan program Baharkam Polri sebagai wujud postur Polri yang prediktif dan merupakan bentuk integralitas semua fungsi harkamtibmas dalam mengemban tugas sebagai pengemban Polmas di tingkat RW.

“Tujuan dibentuknya Polisi RW ini untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan upaya pencegahan dan penanggulangan tindak pidana di masyarakat dengan menerapkan prinsip Community Policing, Restorative Justice dan Akuntabilitas,” kata Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono.

Dalam program Polisi RW ini, Polres Karawang melibatkan 657 personel yang ditugaskan menjadi Polisi RW, kemudian disebar setiap wilayah di Kabupaten Karawang.

Kapolres Karawang  berharap, para anggota Polisi RW untuk tetap berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas setempat, dapat berinteraksi secara konsisten dengan masyarakat, mendengarkan keluh kesah warga, melakukan pendekatan sedekat mungkin dengan komunikasi yang baik, sehingga terjalin kedekatan antara polisi dengan masyarakat.

“Program ini sangat diperlukan, mengingat masyarakat juga perlu keamanan dan kenyamanan, lingkungan yang kondusif. Untuk itu dengan meningkatkan komunikasi yang intens dengan masyarakat, jika ada perubahan kondisi bisa langsung terdeteksi sehingga dapat langsung diketahui sedini mungkin dan menemukan solusi atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi masyarakat,” ungkapnya.(jos/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait