Tak Khawatir Biaya Pengobatan, Perawatan Hemodialisis Endah Dijamin JKN

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Endah (42) telah menjalani perawatan hemodialisis atau cuci darah selama 12 tahun belakangan. Tentunya ini bukanlah hal yang mudah bagi Endah, apalagi ia harus menjalani tindakan hemodialisis tersebut rutin dua kali dalam seminggu.

Beruntung Endah telah terdaftar menjadi peserta JKN sehingga Endah beserta suami tidak perlu khawatir terkait biaya pengobatan yang harus mereka keluarkan.

Bacaan Lainnya

Endah sendiri dulunya merupakan seorang karyawan swasta yang bergerak di bidang garmen. Sehari-harinya ia menghabiskan waktu duduk di kursi, menjahit dan seringkali lupa untuk minum dan bergerak dari kursinya. Tanpa disadari, ternyata hal tersebut membawanya kepada penyakit yang tak pernah dibayangkannya sebelumnya, yaitu gagal ginjal.

“Awalnya tentunya saya dan suami sangat kaget. Gejalanya waktu itu saya merasakan sakit pinggang, sangat jarang pipis, mual-mual. Setelah dicek lab ternyata saya harus menjalani cuci darah. Akhirnya saya berhenti bekerja dan menjadi ibu rumah tangga. Alhamdulillah zaman sekarang sudah ada BPJS Kesehatan, semuanya menjadi lebih mudah dan lebih teratur. Jadwal dan tempat di mana saya harus menjalani cuci darah sudah pasti. Kemudian saya tidak perlu mengeluarkan biaya apa-apa lagi ketika berobat, cukup hanya menunjukkan kartu JKN saya,” kata Endah.

Dikatakan, selain pengobatan cuci darah, dirinya beserta suaminya juga kerap menggunakan kartu JKN untuk menjamin biaya berobat lainnya, bahkan untuk biaya rawat inap. Endah beserta suami pun berharap Program JKN dapat terus meningkatkan pelayanannya ke arah yang lebih baik lagi.

“Dengan kartu JKN keluarga saya sangat terbantu. Pelayanan yang saya dapatkan sangat baik dan memuaskan. Saya tidak bisa membayangkan jika tidak ada Program JKN sekarang pasti sulit bagi banyak orang untuk mendapatkan pengobatan. Oleh karenanya saya merasa saya harus lebih sehat lagi setiap harinya. Program JKN memberikan semangat baru kepada saya. Alhamdulillah saya juga dikelilingi oleh keluarga yang sangat mendukung saya menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait